DaerahHeadline

Gunung Semeru Meletus, Awan Panas Meluncur Sejauh 7 Km Arah Besuk Kobokan

288
×

Gunung Semeru Meletus, Awan Panas Meluncur Sejauh 7 Km Arah Besuk Kobokan

Share this article
semeru
semeru

G24NEWS.TV, JAKARTA – Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang dan Malang Jawa Timur mengalami erupsi pada Minggu (4/12) sekitar pukul 02.46 dinihari dan mengeluarkan awan panas ke arah tenggara dan selatan.

Menurut Badan Geologi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi sumber awan panas adalah  tumpukan material di ujung lidah lava, yang berada sekitar 800 meter dari puncak (Kawah Jonggring Seloko).

Awan Panas Guguran tersebut berlangsung menerus dan hingga pukul 06.00 WIB jarak luncur telah mencapai 7 km dari puncak ke arah Besuk Kobokan.

Gunung ini mengeluarkan kolom abu setinggi ± 1.500 m di atas puncak atau sekitar ± 5.176 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah tenggara dan selatan.

Baca Juga  Golkar Aceh Daftarkan 85 Bacaleg

Hingga pukul 07.03 WIB, menurut laporan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) letusan masing berlangsung.

Saat ini G. Semeru berada pada Status Level III (Siaga). Pemerintah menyarankan hal-hal sebagai berikut:

  1. Tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi). Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.
  2. Tidak beraktivitas dalam radius 5 Km dari kawah/puncak Gunung Api Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar).
  3. Mewaspadai potensi awan panas guguran (APG), guguran lava, dan lahar di sepanjang aliran sungai/lembah yang berhulu di puncak Gunung Api Semeru, terutama sepanjang Besuk Kobokan, Besuk Bang, Besuk Kembar, dan Besuk Sat serta potensi lahar pada sungai-sungai kecil yang merupakan anak sungai dari Besuk Kobokan.
banner 325x300