NasionalOlahraga

Menpora Dito Ariotedjo Jadi Menteri Termuda Kabinet Indonesia Maju

583
×

Menpora Dito Ariotedjo Jadi Menteri Termuda Kabinet Indonesia Maju

Share this article

G24NEWS.TV, JAKARTA – Presiden Joko Widodo resmi melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI). Pria bernama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo itu jadi menteri termuda saat ini di Kabinet Presiden Jokowi.

Menpora Dito dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (3/4). Menpora Dito hadir di Istana bersama istri Niena Kirana Riskyana dan sang anak, Sadia serta keluarga.

Menpora Dito kelahiran 25 September 1990, kini berusia 32 tahun. Dia pernah jadi Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022.

Menpora Dito mengambil alih menteri termuda dalam kabinet Indonesia Maju, yang sebelumnya disandang Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim. Saat itu, Menteri Nadiem berusia 35 tahun.

Menpora Dito juga pernah tercatat meraih predikat 30 Under 30 oleh Forbes Indonesia pada 2020. Predikat itu diraih atas gerakan AMPI yang dipimpinnya saat itu.

Disamping itu, Menpora Dito juga pernah menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina dan menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Baca Juga  Partai Golkar Resmikan Yellow Clinic ke-12 di Bandung: Satu-satunya Partai yang Berikan Layanan Publik

Kemudian, Menpora Dito pada 2021 lalu bekerja sama dengan Raffi Ahmad membentuk RANS Sport. Ia juga menjabat sebagai Chairman RANS Nusantara FC dan bagian dari RANS PIK Basketball.

Presiden RI Jokowi (Jokowi) resmi melantik Ario Bimo Nandito Ariotedjo atau yang biasa dipanggil Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang baru pada Senin (3/4) petang ini di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Dito menggantikan posisi Menpora yang semula dijabat Zainudin Amali yang sebelumnya mengundurkan diri dari Menpora dan menjadi Wakil Ketua Umum PSSI.

Pelantikan Dito sebagai Menpora itu berdasarkan Keppres Nomor 26/P/2023 tentang Pengangkatan Menpora Kabinet Indonesia Maju.

“Bersedia,” jawab Dito saat ditanya Jokowi soal kesiapannya menjadi Menpora dan diambil sumpah sesuai agamanya.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Dito mengikuti sumpah jabatan yang dibacakan Jokowi.

Baca Juga  Airlangga Hartarto Dorong Pengembagan Food Estate Berbasis Koperasi dan Gapoktan

Dito adalah pria kelahiran Jakarta, 25 September 1990. Ia merupakan satu dari tiga nama anak muda yang diajukan Partai Golkar untuk menjadi Menpora menggantikan Zainudin Amali.

Karier politiknya bersama Golkar, Dito diketahui pernah menjabat Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022.

Selain itu, Dito memiliki sejumlah pengalaman di bidang olahraga. Ia menjabat Chef de Mission Kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina. Dito juga pernah mengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Kader Partai Golkar itu juga menduduki posisi Chairman Rans Nusantara FC, klub sepak bola peserta Liga 1 2022/2023. Dito pun ikut mengurus Rans PIK Basketball.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300