HeadlineNasional

Dito Ariotedjo Sore Ini Dilantik Jokowi Jadi Menpora Baru  

409
×

Dito Ariotedjo Sore Ini Dilantik Jokowi Jadi Menpora Baru  

Share this article
Dito Ariotedjo
Dito Ariotedjo

G24NEWS.TV, JAKARTA – Teka-teki siapa Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) akhirnya terjawab, Presiden Joko ‘Jokowi” Widodo sore ini akan melantik Dito Ariotedjo menggantikan Zainudin Amali yang mundur untuk menjadi Wakil Ketua Umum PSSI.  

Media media nasional memberitakan informasi dari sebuah sumber di Istana yang mengatakan bahwa pelantikan Dito Ariotedjo sebagai Menpora akan digelar Senin (3/4). 

Selain Dito, Presiden Jokowi juga akan melantik  Komjen Pol. Rycko Amelza Daniel sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggantikan Komjen Pol. Boy Rafli Amar yang memasuki masa pensiun. Selain itu Presiden Jokowi juga akan menghadiri pengambilan sumpah Agung Sunarto sebagai wakil ketua Mahkamah Agung (MA). 

Dito Ariotedjo dipilih untuk menggantikan Zainudin Amali yang telah mengajukan surat pengunduran diri selaku Menpora sejak 9 Maret 2023. Amali, politikus Partai Golkar ini menyatakan mengundurkan diri sebagai Menpora dan fokus menjadi pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Baca Juga  Wamendag Menerima Kunjungan Dubes RI Kuwait City

Dia terpilih menjadi wakil ketua umum PSSI bersama dengan Ratu Tisha Destria dalam Kongres Luar Biasa (KLB) di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2).  Mereka mendampingi Erick Thohir yang terpilih menjadi Ketua Umum PSSI. Dengan demikian, Amali dan Erick memiliki dua jabatan, menjadi menteri pada kabinet Presiden Jokowi dan di PSSI.

Dito Ariotedjo adalah mantan Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar. Posisinya di AMPI kini digantikan oleh Jerry Sambuaga, yang juga menjabat sebagai wakil menteri perdagangan.  Dito juga diketahui juga menjadi Ketua Panitia HUT Golkar ke-58 pada tahun lalu.

Baca Juga  Hati-hati, Ujaran Kebencian Bisa Geser Karakter Bangsa 

Pria kelahiran Jakarta, 25 September 1990 itu adalah pengusaha yang pada 2021 lalu bekerja sama dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor untuk membentuk Rans Sport. Di bidang olahraga, Dito pernah pernah menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina dan menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Dia kini menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 dan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL). Sejak April 2022, Dito masuk ke dalam jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia. 

 

 

 

banner 325x300