Internasional

Kopi Indonesia Jenis Arabika Diminati di Pasar Mesir

216
×

Kopi Indonesia Jenis Arabika Diminati di Pasar Mesir

Share this article
Ilustrasi komoditas kopi Indonesia
Ilustrasi komoditas kopi Indonesia

G24NEWS.TV, JAKARTA — Komoditas kopi asal Indonesia menjadi salah satu komoditas yang diminati di pasar Mesir.

Maraknya minuman es kopi susu yang mulai populer di Mesir, membuat kopi Indonesia semakin dicari penikmat kopi setempat.

Duta Besar RI untuk Mesir, Lutfi Rauf, mengatakan kopi Indonesia jenis Arabika banyak diburu sebagai bahan es kopi susu.

“Dalam dua tahun terakhir, minuman es kopi susu mulai populer di Mesir. Dengan cita rasa yang khas, kopi Indonesia, salah satunya jenis Arabika, banyak diburu sebagai bahan es kopi susu bercita rasa tinggi dan nikmat,” ujar Dubes Lutfi dalam kunjungan bisnis bersama Atase Perdagangan KBRI Kairo ke sentra pengolahan kopi Sunrise for Import & Export beberapa waktu lalu.

Ilustrasi es kopi susu
Ilustrasi es kopi susu

Menurutnya, es kopi susu dapat dikembangkan dengan memberi cita rasa yang berbeda. Misal, dengan mencampurkan gula aren khas Indonesia. Gula aren akan memberi rasa karamel pada es kopi susu.

“Selain itu, untuk merangkul pasar anak muda, dapat pula ditambahkan dengan rasa alpukat, kelapa, hazelnut atau varian rasa lainnya, sesuai tren selera konsumen masa kini,” lanjutnya.

Baca Juga  Antoine Griezmann Man of the Match Laga Prancis Vs Maroko

Sementara pemilik Sunrise for Import & Export, Mahmoud Mohamed Yusuf menerangkan, setiap hari pihaknya memproduksi 50 botol es kopi susu 929. Harganya mencapai 100 pound Mesin per botol.

Mahmoud menambahkan, komposisi es kopi susu 929 menggunakan 70 persen biji kopi Arabika Indonesia dan 30 persen Arabika Brasil, Italia, atau kopi negara lainnya.

Ada juga yang terbuat dari 100 persen Arabika Indonesia tanpa bahan pemanis tambahan.

Proses Pembuatan Es Kopi Cukup Sederhana

Mahmoud juga menjelaskan bahwa pembuatan es kopi susu cukup sederhana.

“Cukup sederhana, yaitu dengan pengolahan dan pencampuran yang seimbang, menjadikannya cold brew, espresso, atau kopi tanpa filter dengan tambahan susu kental atau krimer,” jelas Mahmoud.

Setelah itu, kata Mahmoud, didinginkan pada suhu tertentu agar dapat dikonsumsi.

“Cara pengolahan ini menghasilkan minuman kopi susu dingin yang sempurna, dengan cita rasa dan aroma yang khas,” terangnya.

Baca Juga  Juara Piala Dunia, Argentina Terapkan Libur Nasional 

Ia mengatakan pihaknya tengah menjajaki peluang untuk membuka kedai kopi di Indonesia. Rencana ekspansi dan investasi tersebut disambut baik oleh KBRI Kairo.

Hal ini membuka peluang baru bagi pelaku usaha Mesir untuk meramaikan bisnis kopi di Indonesia.

Sementara Atase Perdagangan KBRI Kairo, M. Syahran, mengatakan meskipun cara mengolahnya berbeda-beda, es kopi susu diyakini akan terus sukses di pasaran.

Selain nikmat, lanjutnya, es kopi susu juga mudah dibeli.

“Terlebih, bila pelaku usaha dapat memanfaatkan aplikasi layanan pesan antar yang kini sedang menjamur,” tuturnya.

Sebagai informasi, nilai impor kopi Mesir dari Indonesia pada 2022 mencapai USD 96,99 juta. Angka tersebut menunjukkan kenaikan sebesar 8,70 persen dari tahun sebelumnya yan mencapai USD 89,22 juta.

Ilustrasi ekspor impor
Ilustrasi ekspor impor

Sedangkan, pada periode Januari-Mei 2023, ekspor Indonesia berada di peringkat pertama dari seluruh dunia, yakni sebesar US 37,53 juta dengan pangsa pasar 41,76 persen.

banner 325x300