DaerahHeadline

Kiprah Pemimpin Daerah Partai Golkar: Anne Ratna Mustika, Bupati Purwakarta

323
×

Kiprah Pemimpin Daerah Partai Golkar: Anne Ratna Mustika, Bupati Purwakarta

Share this article
Kader Golkar dan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. Foto: Dok
Kader Golkar dan Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika. Foto: Dok

G24NEWS.TV, JAKARTA – Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap tanggal 8 Maret merupakan bentuk peringatan dan perayaan atas perjuangan dan kerja keras para perempuan atas pencapaian di berbagai bidang.

Partai Golkar memiliki target pemenangan Partai pada Pemilu 2024 diantaranya menang pemilihan legislatif, pemilihan presiden dan pemilihan kepala daerah. Partai berlambang pohon beringin ini juga membuka peluang afirmasi dan bagi peluang kader perempuan.

Hal tersebut merupakan komitmen Partai Golkar dalam mendorong keterwakilan perempuan dalam politik. Salah satu bentuk komitmen tersebut adalah dengan mengusung kepemimpinan perempuan sebagai kepala daerah.

Anne Ratna Mustika – Bupati Purwakarta

Anne Ratna Mustika adalah Bupati Purwakarta masa jabatan 2018-2023. Ia terpilih menjadi orang nomor satu di Kabupaten Purwakarta Jawa Barat bersama wakilnya, H.Aming. Politisi perempuan dari Partai Golkar tersebut merupakan bupati perempuan pertama di Purwakarta.

September 2022 lalu, Anne Ratna Mustika telah menorehkan prestasi karena mampu membuat terobosan bagi daerah yang dipimpinnya. Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika meraih penghargaan untuk kategori Pelayanan Warga.

Baca Juga  Penyaluran Bantuan Stunting di Purwakarta, Sasar 50 Anak

Prestasi tersebut merupakan bentuk apresiasi dari TEMPO Media Group kepada 13 kepala daerah perempuan yang inspiratif.

Capaian Kepemimpinan

Di bawah kepemimpinan Anne Ratna Mustika, Kabupaten Purwakarta memiliki beberapa inovasi dan kemajuan. “Kabupaten Purwakarta menjadi Kabupaten ketiga tertinggi dalam hal investasi di Jawa barat. Oleh karena itu, kami dan jajaran akan terus berupaya dalam segala bidang, terutama perekonomian,” ujar Ambu Anne.

Selain itu, ia melihat potensi wisata di daerah yang dipimpinnya. Potensi pariwisata di Purwakarta akan dimaksimalisasi dan sudah masuk dalam road map kebijakan.

Menurutnya, potensi sector pariwisata yang ada perlu digali, agar menjadi salah satu sector unggulan di Purwakarta. Sektor pariwisata akan berdampak pada meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat serta sumber pendapatan daerah.

Ia juga mendorong berkembangnya pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM). Salah satunya dengan mendirikan pusat oleh-oleh yang berisi hasil kerajinan masyarakat yang dapat dibeli oleh wisatawan.

Baca Juga  Golkar Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Muara Enim

Mantan Ketua Tim Penggerak PKK Purwakarta tersebut juga berhasil mendirikan Galeri Menong kedua di tahun 2019 sebagai pusat oleh-oleh sekaligus pusat industri kreatif masyarakat Purwakarta.

Gempungan, Program Jemput Bola Pelayanan Publik ala Purwakarta

Bupati Anne Ratna Mustika di acara Gempungan, Purwakarta
Bupati Anne Ratna Mustika di acara Gempungan, Purwakarta

Sebagai Bupati, Anne konsisten dalam meningkatkan kinerja pemerintah kabupaten salah satunya dengan peningkatan kualitas pelayanan public.

Salah satu program pelayanan public unggulan di Kabupaten Purwakarta adalah program Gempungan. Program ini merupakan salah satu pelayanan prima pemda untuk menghadirkan dan mempercepat akses pelayanan public kepada masyarakat yang ada di pelosok desa.

Program yang diselenggarakan hari rabu setiap pekannya telah terjadwal di seluruh desa-desa di Purwakarta. Nantinya, OPD atau Organisasi Perangkat Daerah desa-desa secara langsung untuk memberikan pelayanan yang dibutuhkan masyarakat.

Masyarakat dapat mengakses pelayanan public dalam kegiatan Gempungan dengan cepat karena sifatnya adalah jemput bola.

 

 

banner 325x300