DaerahHeadline

Kiprah Pemimpin Daerah Partai Golkar: Indah Putri Indriani, Bupati dengan Segudang Inovasi

248
×

Kiprah Pemimpin Daerah Partai Golkar: Indah Putri Indriani, Bupati dengan Segudang Inovasi

Share this article
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (Foto by: Instagram @indahnyalutra)

G24NEWS.TV, JAKARTA — International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional tiap tanggal 8 Maret merupakan perayaan atas pencapaian para perempuan di berbagai bidang, moment ini kami sajikan ringkasan kiprah pemimpin daerah perempuan, khususnya dari Partai Golkar.

Partai Golkar memberi porsi tersendiri bagi keberadaan perempuan di dalam lingkup organisasi politiknya. Seperti yang diketahui, Partai Golkar berkomitmen dalam mendorong keterwakilan perempuan dalam politik salah satunya dengan mengusung kepemimpinan perempuan sebagai kepala daerah.

Indah Putri Indriani – Bupati Luwu Utara

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (Foto by: Instagram @indahnyalutra)

Salah satu politisi perempuan dari Partai Golkar adalah Indah Putri Indriani. Dia merupakan Bupati Luwu Utara Periode 2016 -2021 dan terpilih lagi untuk periode 2021-2024. Indah Putri Indriani berhasil menorehkan catatan sebagai perempuan pertama di Provinsi Sulawesi Selatan yang menjadi kepala daerah. Sebelumnya ia menjabat sebagai Wakil Bupati Luwu Utara di tahun 2010 mendampingi Arifin Junaidi.

Pada 2016, mantan dosen politik di Universitas Indonesia (UI) ini terpilih sebagai Bupati Luwu Utara Periode 2016 – 2021 dengan Muh Tahar. Indah terpilih kembali menjadi Bupati Luwu Utara Periode 2021 – 2024 bersama wakilnya, Suaib Mansur.

Baca Juga  Dico Ganinduto, Bupati Termuda di Jawa Tengah, Siap Bantu Investor Kelola Wisata di Kendal

Kepala Daerah perempuan ini juga berhasil meraih penghargaan sebagai Kepala daerah Perempuan Inspiratif 2022 kategori Literasi Bencana versi Tempo Media Group.

Bupati Perempuan dengan Segudang Inovasi

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani

Kiprah Bupati Luwu Utara ini tidak terlepas dari kualifikasi pendidikan, pengalaman dan kemampuannya yang mumpuni. Indah Putri Indriani mampu meracik beragam inovasi pelayanan publik untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat.

Salah satu inovasi yang dilakukan Indah Putri Indriani dalam memimpin Kabupaten Luwu Utara adalah Getar Dilan (Gerakan Tanam Sayur di Lahan Pekarangan). Inovasi tersebut dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Dilansir dari kompascom, Getar Dilan bermanfaat menjaga ketahanan pangan masyarakat karena inovasi ini berupa konsep pertanian keluarga tanpa warung. Inovasi ini bahkan mampu menjaga ketahanan pangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang melanda tahun 2021 lalu.

Inovasi lainnya juga dicetuskan Bupati Luwu Utara ini untuk mencegah stunting bernama Kapsul Indah. Program tersebut merupakan program pemberian tablet penambah darah sebagai respon inovasi untuk mencegah stunting.

Baca Juga  Menko Airlangga Tegaskan Pentingnya Sinergi dan Penurunan Biaya Logistik

Hasil Penelitian Gaya Kepemimpinan Bupati Luwu Utara

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani

Setiap tokoh maupun kepala daerah punya gaya kepemimpinannya masing-masing. Gaya kepemimpinan seorang tokoh maupun kepala daerah biasanya menjadi topik yang menarik untuk diteliti. Gaya kepemimpinan Indah Putri Indriani sebagai Bupati Luwu Utara menjadi salah satu topik penelitian yang diangkat mahasiswa Ilmu Administrasi Negara dari Universitas Muhammadiyah Makassar.

Bupati Luwu Utara memiliki dua gaya kepemimpinan, di antaranya:

  1. The Mother. Sebagai pemimpin di Kabupaten Luwu Utara, Indah Putri Indriani memiliki rasa simpatik yang tinggi terhadap masyarakatnya. Ia juga mudah berkomunikasi sehingga ia mampu mendengar dan menerima segala bentuk aspirasi yang disampaikan baik saran maupun kritik.
  2. The Iron Maiden. Bupati Luwu Utara ini memiliki sifat yang tegas dalam memimpin sehingga banyak masyarakat yang menyukai kepemimpinannya. Ia antusias dan tangguh serta selalu terjebak pada sikap yang militan daripada yang seharusnya. Hal itu dilakukan Indah Putri Indriani demi kemajuan dan perkembangan di Kabupaten Luwu Utara.
banner 325x300