Nasional

Kartu Prakerja Gelombang 52 Sudah Buka, Jika Lolos Dapat Segudang Manfaat Ini

275
×

Kartu Prakerja Gelombang 52 Sudah Buka, Jika Lolos Dapat Segudang Manfaat Ini

Share this article
Kartu Prakerja Gelombang 55
Kartu Prakerja Gelombang 55

G24NEWS.TV, JAKARTA – Program Kartu Prakerja Gelombang 52 sudah resmi dibuka. Kamu yang belum terdaftar Kartu Pakerja, bisa langsung daftar di situs resmi https://dasboard.prakerja.go.id,  tapi pastikan sudah tahu tujuan dan manfaat yang akan didapat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan tujuan Kartu Prakerja adalah untuk menambah kemampuan atau skill bagi penerimanya.

Bagi para alumni Prakerja dalam hal ini diharapkan agar bisa  mendapat kesempatan yang lebih besar di dunia kerja nantinya. Intinya adalah agar dapat membuka akses pada lapangan pekerjaan yang jauh lebih luas.

:Supaya yang berhasil mendaftar bisa secepatnya dapat pekerjaan,” kata Airlangga dikutip dari laman Prakerja.

Kini Prakerja telah menyiapkan pelatihan yang berkualitas dengan jumlah waktu pelatihan mencapai 15 jam. Durasi waktu tersebut adalah total jumlah dari minimal pelatihan.

Baca Juga  Airlangga Hartarto Sambut Bergabungnya Partai Demokrat ke Koalisi Indonesia Maju

Rincian luring maksimal 8 jam sehari dan daring maksimal 3 jam sehari, keuntungan bagi peserta bisa mengatur waktu yang lebih fleksibel mengikuti aktivitas mereka.

Jumlah waktu pelatihannya nanti pun akan lebih banyak agar materi Kartu Prakerja dapat lebih lengkap serta peserta menjadi lebih mengerti.

Peserta yang berhasil lolos seleksi kartu Prakerja akan memperoleh sejumlah manfaat. Mereka akan mendapatkan manfaat hingga Rp 4,2 juta. Insentif pasca-pelatihan Rp600 ribu yang diberikan 1 kali, dan insentif survei Rp100 ribu untuk dua kali pengisian.

Kepala Komunikasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (PMO) William Sudhana menjelaskan alasan bantuan pelatihan yang meningkat lebih besar.

Alasannya karena kegiatan dan ekonomi sudah mulai bangkit dan mulai normal kembali dengan meredanya Pandemi Covid-19. Oleh karena itu, program Kartu Prakerja dikembalikan ke tujuan utamanya, yaitu program peningkatan kompetensi angkatan kerja.

Baca Juga  Jawa Barat Siapkan Ruas Jalan Jelang Mudik Lebaran 2023

“Dengan fokus pada peningkatan kompetensi maka porsi bantuan pelatihan menjadi jauh lebih besar,” ujar William kepada Kompas.com, Rabu (5/10/2022).

Bagaimana Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 52 

  • Pastikan sudah memiliki akun, masuk ke laman www.prakerja.go.id.
  • Klik ‘Login’ atau Masuk dengan mengisikan e-mail dan password.
  • Kemudian masukan nomor KTP dan tanggal lahir, dan klik Berikutnya.
  • Lengkapi data diri di antaranya nama lengkap, alamat e-mail, alamat tempat tinggal alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, dan unggah swafoto sambil memegang KTP.

Untuk langkah berikutnya dalam proses pembuatan Kartu Prakerja yakni mengikuti tes yang sudah ditetapkan.

banner 325x300