Politik

Airlangga Hartarto Sambut Bergabungnya Partai Demokrat ke Koalisi Indonesia Maju

194
×

Airlangga Hartarto Sambut Bergabungnya Partai Demokrat ke Koalisi Indonesia Maju

Share this article
Airlangga Hartarto Sambut Bergabungnya Partai Demokrat ke Koalisi Indonesia Maju
Airlangga Hartarto Sambut Bergabungnya Partai Demokrat ke Koalisi Indonesia Maju

G24NEWS.TV, JAKARTA – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyambut baik bergabungnya Partai Demokrat ke Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Hal ini disampaikan Airlangga setelah elite partai berlambang bintang mercy itu berkunjung ke rumah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Jawa Barat, Minggu (17/9).

“Selamat datang Partai Demokrat, insya Allah berjuang bersama Koalisi Indonesia Maju, bersama-sama memenangkan Pilpres 2024 mendatang, membawa Indonesia lebih maju, adil, berkah dan makmur,” kata Airlangga dalam akun Instagram pribadinya @airlanggahartarto_official, Senin (18/9).

Pada 13 Agustus 2022, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menandatangani piagam deklarasi untuk meresmikan pembentukan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya pada acara penutupan Rapat Pimpinan Nasional Partai Gerakan Indonesia Raya.

Baca Juga  KPU Pastikan Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu Selesai 1 Februari 2024

Kedua partai anggota menyepakati bahwa pasangan calon presiden dan wakil presiden koalisi ini akan ditentukan oleh Ketua Umum kedua partai secara bersama-sama.

Pada 24 Januari 2023, kedua partai secara resmi membuka Sekretariat Bersama yang diresmikan oleh kedua Ketua Umum masing-masing partai.

Pada 30 Juli 2023 diacara HUT ke-25 Partai Bulan Bintang (PBB) mendeklarasikan Prabowo Subianto sebagai calon Presiden dari PBB. Pada 5 Agustus 2023, usai pelantikan pengurus DPP Partai Aceh, ketua umum Muzakkir Manad menyatakan dukungan kepada Prabowo Subianto sebagai calon Presiden dalam Pemilu 2024.

Di kancah politik nasional Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Amanat Nasional (PAN) dari Koalisi Indonesia Bersatu, secara resmi bergabung dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya untuk mendukung pencalonan presiden Prabowo Subianto yang ditandai dengan penandatanganan kerja sama politik oleh 4 partai politik diwakili oleh ketua umum partai masing-masing: Muhaimin Iskandar dari PKB,

Baca Juga  Prabowo Yakin Memang Mutlak di DKI Jakarta

Zulkifli Hasan dari PAN, Airlangga Hartarto dari Partai Golkar, serta Prabowo sendiri selaku ketua umum Partai Gerindra. Penandatanganan ini dilakukan dalam acara pernyataan dukungan di Museum Perumusan Naskah Proklamasi di Jakarta Pusat pada Ahad, 13 Agustus 2023.

Setelahnya nama calon Wakil Presiden pendamping Prabowo Subianto menjadi perbincangan, sebelumnya PKB mengajukan Muhaimin Iskandar, sementara PAN mengajukan nama Erick Thohir, dan Partai Golkar telah sejak awal menunjuk ketua umumnya untuk maju dalam Pemilihan Presiden 2024.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala
banner 325x300