EkonomiHeadline

Jerry Sambuaga Minta UMKM Gabungkan Strategi Online dan Offline

146
×

Jerry Sambuaga Minta UMKM Gabungkan Strategi Online dan Offline

Share this article
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga

G24NEWS.TV, JAKARTA – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengajak para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menerapkan strategi omnichannel untuk mendorong terciptanya ekosistem perdagangan digital.

Menurut Jerry, omnichannel adalah strategi memadukan penjualan secara langsung (offline) dan online atau menggunakan jaringan internet. 

Menurut Jerry ada pandangan bahwa kegiatan perdagangan digital selama ini jadi penyebab lesunya perdagangan offline di pasar-pasar. Pandangan itu keliru, karena ternyata perdagangan digital dapat memberikan peluang bagi pedagang untuk memperluas jangkauan pemasarannya.

Pedagang atau pelaku usaha harus mampu memanfaatkan seluruh saluran perdagangan yang tersedia untuk meraih pasar yang lebih luas,” ujar Wamendag Jerry saat memberikan sambutan dalam peresmian PT Kreatifa Teknologi Nusantara dan peluncuran produk “WeDeals” di Gedung Puri Begawan, Bogor, Jawa Barat pada Rabu, (1/11).

Baca Juga  Jerry Sambuaga Tekankan Hong Kong dan China Mitra Dagang Penting

Ini merupakan salah satu upaya mendorong terciptanya ekosistem perdagangan digital. Tentunya guna mewujudkan iklim usaha yang nyaman bagi perdagangan digital Indonesia,” ujar Jerry.

Menurut Wamendag Jerry perdagangan digital menunjukkan potensi dan kontribusinya yang besar bagi perekonomian Indonesia.

Nilai transaksi niaga elektronik yang mencapai Rp476,3 triliun sepanjang 2022. Bahkan, nilai transaksi niaga elektronik pada 2023 diperkirakan mencapai Rp533 triliun.

Tidak hanya itu, berdasarkan data yang dihimpun e-Conomy SEA Report, ekonomi digital Indonesia pada 2022 mencapai USD 77 miliar. Angka tersebut diproyeksikan mencapai USD 130 miliar pada 2023.

Baca Juga  Jerry Sambuaga Bahas Kerja Sama Perdagangan dan Industri Indonesia-Kuwait

Perkembangan niaga elektronik (niaga-el) tidak lepas dari dukungan UMKM. Saat ini jumlah UMKM mencapai 64 juta. Adapun UMKM yang sudah onboarding di perdagangan digital sebesar 21 juta dari 30 juta UMKM yang ditargetkan oleh pemerintah,” ungkap Wamendag Jerry.

Wamendag Jerry menjelaskan, UMKM memberikan kontribusi 97 persen terhadap penyerapan tenaga kerja dan 61 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional. 

Selain UMKM, Kemendag juga terus mendorong kolaborasi dalam membangun ekosistem niaga elektronik melalui lokapasar, ritel modern, dan lembaga pembiayaan.

banner 325x300