Ekonomi

Jerry Sambuaga Ingatkan UMKM Pastikan Kualitas, Kuantitas dan Kontinuitas Produk

175
×

Jerry Sambuaga Ingatkan UMKM Pastikan Kualitas, Kuantitas dan Kontinuitas Produk

Share this article
Wamendag Jerry Sambuaga. Foto: Ist
Wamendag Jerry Sambuaga. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menekankan pentingnya 3K, yaitu kualitas, kuantitas, dan kontinuitas dalam upaya mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar lebih berdaya saing dan siap ekspor.

Ketua Umum AMPI Jerry Sambuaga menambahkan jika memang ingin merambah pasar ekspor, UMKM perlumenerapkan 3K.

UMKM, jelas pemimpin muda Partai Golkar ini, harus dapat meningkatkan kualitas produknya, menambah kemampuan produksi dengan lebih efisien, dan mempertahankan daya produksi agar terus konsisten.

“Kementerian Perdagangan memiliki perwakilan perdagangandi 45negara untuk mempermudahproses ekspor para UMKMyang memang sudah mampu memenuhi 3K tersebut,” jelasnya, seperti dilansir dari laman resmi Kemendag, dikutip Kamis (28/9/2023), dari kegiatan kunjungan ke Kejapa Coffee and Bamboodi Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali, belum lama ini.

Baca Juga  Dyah Roro Esti Desak Perusahaan Prioritaskan Tenaga Kerja Lokal

Jerry mencontohkan  memberi akses untuk penjajakan kesepakatan bisnis (business matching), identifikasi kebutuhan dan preferensi kriteria produk dari negara setempat dan pelatihan ekspor.

Pada pertemuan ini, Wamendag Jerry menyimak berbagai aspirasi para perajin bambu. Salah satunya, usulan agar pemerintah dapat menyediakan satu tempat sebagai sentra UMKM untuk memamerkan karya dari beberapa desa.

Aktif Ikuti Pameran

Selain itu harapan agar Kementerian Perdagangan memfasilitasi para pelaku usahauntuk mengikuti berbagai pameran di Jakarta.

“Sentra UMKM adalah ide yang baik. Untuk mewujudkannya, diperlukan kerja sama antara Kementerian Perdagangan dengan pemerintah daerah setempat dan anggota legislatif”.

“Sedangkan,untuk pameran, bulan depan Kementerian Perdagangan mengadakanTrade ExpoIndonesiayang dapat diikuti oleh para pelaku UMKM,” sambungnya.

Wamendag Jerry juga mendorong UMKM agar tidak henti berinovasi dalamstrategi pemasaran, sehingga penjualan dalam negeri pun dapat meningkat. Misalnya dengan menambahkan deskripsi produk.

Baca Juga  Ace Hasan Syadzily: Partai Golkar Masih Jajaki Koalisi Politik

Seperti nilai tradisi dari para perajindan nilai ramah lingkungan yang diusung, ditambah informasi spesifikasi ukuran, nama produk, dan jenis bambu yang digunakan.

Selain itu, kerja sama dengan lintas sektor dengan konsep Business to Business perlu mulai diterapkan.

“Salah satu cara yang dapat digunakan adalah melalui seni bercerita yang kini juga banyak diterapkan danmembuat calon pembeli lebih tertarik”.

“Strategi pemasaran lain juga perlu dipertimbangkan, misalnya bekerja sama dengan hotel-hotel agar mereka menggunakan produk UMKM dari sini untuk fasilitas di kamar mereka,” ujar Wamendag Jerry.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300