Nasional

Jangan Terlewat, Kartu Prakerja Gelombang 53 Akan Dibuka, Segera Daftar di Prakerja.go.id

322
×

Jangan Terlewat, Kartu Prakerja Gelombang 53 Akan Dibuka, Segera Daftar di Prakerja.go.id

Share this article
Kartu Prakerja Gelombang 53
Kartu Prakerja Gelombang 53

G24NEWS.TV, JAKARTA – Info terbaru Kartu Prakerja 2023, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 53 dalam waktu dekat akan segera dibuka.

Untuk lebih mengetahui informasi perihal Kartu Prakerja, bisa langsung kunjungi website resmi Prakerja.go.id.

Kartu Prakerja akan segera dibuka secara gratis dan untuk kalangan umum sekarang memiliki keistimewaan yaitu bisa diikuti oleh penerima bantuan sosial.

Kartu Prakerja juga tidak lagi menggunakan bantuan semi bansos sehingga masyarakat yang pernah menerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) juga bisa ikut mendaftar.

Masyarakat umum yang masuk kategori penerima bansos dan bisa ikut program ini adalah penerima Program Keluarga Harapan (PKH). Kartu Prakerja tahun 2023 telah menerapkan sistem semi normal dengan fokus pada reskilling dan upskilling.

Demikian hal tersebut ini disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sesi wawancara bersama TVRI dilansir dari laman Prakerja.

Dia menerangkan bahwa akan ada rancangan skema baru Kartu Prakerja pada triwulan I tahun 2023.

Masyarakat yang sudah dinyatakan lolos bisa segera mengikuti pelatihan Prakerja secara normal atau offline dimulai pada rentang waktu yang ditentukan, hal tersebut menjadi isyarat bahwa dalam waktu dekat Program Kartu Prakerja segera dibuka dalam waktu dekat.

Kartu Prakerja juga tidak lagi menggunakan bantuan semi bansos di tahun 2023.

Hal tersebut memungkinkan manfaat pelatihan yang ditekankan dengan jumlah  biaya yang lebih besar. Ada perbedaan signifikan untuk program di tahun depan, yaitu ada kenaikan manfaat hingga Rp 4,2 juta.

Nantinya penerima akan mendapatkan manfaat Rp 4,2 juta itu.

Kenaikan cukup besar juga terjadi pada biaya pelatihan sebesar Rp3,5 juta.

Tahun 2023 ada insentif pasca pelatihan Rp600 ribu yang diberikan 1 kali, dan insentif survei Rp100 ribu untuk dua kali pengisian.

Kepala Bidang Komunikasi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (PMO) William Sudhana menjelaskan alasan mengapa bantuan pelatihan sekarang yang lebih besar.

Baca Juga  Pemkab Lumajang Mulai Relokasi Korban Banjir Bandang Lahar Dingin

Alasannya karena kegiatan dan ekonomi negara perlahan sudah mulai bangkit dan stabil dengan pulihnya wabah Pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, program Kartu Prakerja segera dikembalikan ke tujuan awalnya, yakni program peningkatan kompetensi angkatan kerja.

“Dengan fokus pada peningkatan kompetensi maka porsi bantuan pelatihan menjadi jauh lebih besar,” ujar William Sudhana

Kartu Prakerja Gelombang 50 1
Kartu Prakerja Gelombang 50 1

Berikut cara-cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 53

  1. Akses link prakerja.go.id di halaman pencarian Google.
  2. Verifikasi data diri anda secara resmi seperti KTP, Kartu Keluarga dan tanggal lahir lalu klik bacaan atau opsi ‘Lanjut’ untuk proses berikutnya.
  3. Klik ketentuan jenis kelamin, nama ibu kandung, status pekerjaan, kategori pekerjaan, status pernikahan, jumlah tanggungan di dalam anggota keluarga, dan topik pelatihan yang akan dipelajari.
  4. Isi alamat asal domisili KTP, lalu pilih bacaan atau opsi ‘Sama dengan KTP’, lalu klik tanda centang kemudia pilih bacaan atau opsi ‘Lanjut’.
  5. Unggah foto KTP, lalu pilih bacaan atau opsi ‘Klik di Sini’ untuk verifikasi dan validasi data calon peserta Kartu Prakerja Gelombang 53.
  6. Sebelumnya perhatikan detail ketentuan yang berlaku di website prakerja.go.id dengan teliti dan seksama.
  7. Unggah foto KTP hanya dengan format seperti data JPG, JPEG atau PNG dengan yang minimal ukuran 2 MB lalu pilih bacaan atau opsi ‘Kirim Foto’.
  8. Pastikan foto KTP calon peserta Kartu Prakerja Gelombang 53 rapi dan sesuai.
  9. Kemudian sesuaikan ukuran foto dengan yang ditentukan kemudian pilih bacaan atau opsi ‘Lanjut’.
  10. Kemudian pilih bacaan atau opsi ‘Gunakan Foto’, kemudian pilih bacaan atau opsi ‘Kirim Foto KTP’ untuk unggah hasil foto.
  11. Tunggu hingga data foto KTP berhasil diverifikasi oleh website dengan resmi.
  12. Berikutnya, ambil gambar atau foto wajah calon peserta Kartu Prakerja Gelombang 53 atau selfie menggunakan kamera handphone dengan jelas.
  13. Atur ukuran foto selfie calon peserta Kartu Prakerja Gelombang 53 sesuai ukuran yang diminta situs, kemudian klik bacaan atau opsi ‘Lanjut’, kemudian pilih bacaan atau opsi ‘Gunakan Foto’.
  14. Usahakan edit dengan rapih kemudian pilih bacaan atau opsi ‘Kirim Foto’.
  15. Lalu verifikasi nomor HP aktif, kemudian pilih bacaan atau opsi ‘Kirim OTP’ untuk dilanjutkan.
  16. Input kode OTP resmi melalui kolom link, kemudian pilih bacaan atau opsi ‘Kirim OTP’ pada halaman situs Kartu Prakerja Gelombang 53.
  17. Kemudian verfikasi dan validasi data KTP calon peserta, kemudian calon peserta akan diminta untuk menjawab pertanyaan dari situs Kartu Prakerja Gelombang 53, sesuai dengan kondisi calon peserta yang sebenarnya.
  18. Lalu pilih bacaan atau opsi ‘Lanjut’ untuk berikutnya ke proses selanjutnya, untuk selesaikan proses pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 53 tersebut.
  19. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar dengan pilih bacaan atau opsi ‘Mulai Tes’, lalu isi soal-soal tes yang diberikan
  20. Selanjutnya pilih bacaan atau opsi ‘Lanjut ke Dashboard’, lalu pilih bacaan atau opsi ‘Gabung’ untuk terdaftar di Kartu Prakerja Gelombang 53 secara resmi sebagai peserta baru.
  21. Kemudian langsung saja konfirmasi resmi untuk memasukan tahap gelombang kemudian pilih bacaan atau opsi ‘Gabung’ untuk gabung di Kartu Prakerja Gelombang 53.
  22. Kemudian calon peserta akan dapat persetujuan, lalu isi beberapa pernyataan, kemudian pilih bacaan atau opsi ‘Saya Menyetujui’ untuk selesaikan proses pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 53.
  23. Kemudian kamu akan dapat notifikasi terkait kelolosan via SMS atau Email setelah penutupan gelombang sebelumnya keluar lalu diumukan oleh pihak terkait.
Baca Juga  Kaleidoskop 2022: Indonesia Produksi Vaksin COVID-19 Sendiri

Demikian informasi terbaru mengenai tata caca pendaftaran online Kartu Prakerja Gelombang 53 agar bisa mendapatkan Insentif dan Pelatihan Kartu Prakerja, Selamat mencoba.

banner 325x300