Nasional

Ini Tanggal Pencairan Bansos PKH dan BPNT Tahap 1 Tahun 2023 untuk Pemegang BNI dan BTN

340
×

Ini Tanggal Pencairan Bansos PKH dan BPNT Tahap 1 Tahun 2023 untuk Pemegang BNI dan BTN

Share this article
Bantuan sosial
Bantuan sosial

G24NEWS.TV, JAKARTA— Ini perkiraan tanggal pencairan bansos PKH atau Program Keluarga Harapan dan Bantuan Pangan Non-Tunai atau BPNT tahap 1 tahun 2023 khusus untuk pemilik rekening BNI dan BTN.

Seperti yang kita ketahui, proses pencairan bansos PKH dan BPNT tahap 1 sejak awal Maret 2023 sudah berlangsung di beberapa bank penyalur dan juga PT Pos Indonesia secara tunai. Kapankah tanggal pencairan bansos PKH dan BPNT tahap 1 tahun 2023 bagi pemegang kartu BNI dan BTN?.

Hingga kini ada lima bank yang ditunjuk sebagai penyalur bansos PKH dan BPNT oleh Kementerian Sosial,  yaitu bank-bank anggota Himbara yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN dan BSI untuk Provinsi Aceh.

Bank BRI saat ini telah mulai mencairkan bantuan Program Keluarga Harapan dan Bantuan Pangan Non Tunai. Setelah itu Bank Syariah Indonesia (BSI) juga telah mulai mencairkan kedua bantuan sosial ini. Sama halnya dengan Bank Mandiri, yang telah memulai penyaluran dua jenis bantuan sosial ini sejak awal Maret 2023.

Baca Juga  Bansos PKH Tahap 2 Tahun 2023 Bersamaan dengan Bantuan Lain Akan Segera Dicairkan

Sementara baru bantuan sembako yang berhasil disalurkan oleh BNI. Sayangnya, BTN hingga saat ini belum mencairkan bantuan sosial, termasuk Program Keluarga Harapan dan bantuan sembako. Untuk PT Pos Indonesia, juga telah memulai mencairkan bantuan secara tunai dan para KPM akan mendapatkan surat undangan penerimaan bantuan sosial.

Kini Kementerian Sosial masih terus melakukan proses penyaluran bantuan sosial kepada KPM baik melalui Kantor Pos maupun melalui bank penyalur. Tahap pertama alokasi bantuan sosial ini meliputi pencairan untuk bulan Januari, Februari, dan Maret.

Syarat penerima PKH
syarat penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH)

Dalam artian, Pemberian bantuan sosial akan terus dilakukan sepanjang bulan Maret 2023. Dengan demikian, masyarakat penerima manfaat diharapkan untuk bersabar dan menunggu surat undangan pencairan bantuan sosial.

Jika tahun sebelumnya, pendistribusian Bantuan Pangan Non Tunai atau Bantuan Sembako ini dicairkan dalam bentuk e wallet, tahun 2023 ini bantuan sembako bisa ditarik tunai melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri).  Dengan demikian KPM tidak harus mengecek ke agen dan juga e waroeng penyalur bantuan sosial. Berkaitan penyaluran dua bantuan sosial ini saat ini terus berjalan di bank penyalur maupun PT Pos Indonesia.

Baca Juga  Kiat Bawaslu Cegah Politisasi SARA dan Politik Identitas

Pernyataan ini bersumber dari saluran YouTube Diary Bansos, yang memprediksi bahwa pencairan tahap pertama program bantuan sosial PKH dan BPNT tahun 2023 di BNI dan BTN kemungkinan besar akan dilaksanakan pada hari-hari kerja atau minggu ketiga dan keempat bulan Maret 2023.

Ada tujuh kategori yang akan menerima Bantuan PKH yaitu, Ibu Hamil, Lansia, Disabilitas, pelajar SD, SMP dan pelajar SMA. Adapun bantuan BPNT diberikan dengan nominal sebesar Rp200.000 setiap bulannya.

banner 325x300