Nasional

Resmi, Bansos PKH dan BPNT 2023 Cair Lewat Bank Himbara dan Kantor Pos

396
×

Resmi, Bansos PKH dan BPNT 2023 Cair Lewat Bank Himbara dan Kantor Pos

Share this article
Uang bantuan sosial
Uang bantuan sosial

G24NEWS.TV, JAKARTABansos PKH atau Program Keluarga Harapan dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 2023 sudah cair dan disalurkan melalui anggota himpunan bank negara (himbara).

BNPT kali ini unik karena disalurkan dalam bentuk tunai tidak dalam bentuk sembako atau saldo yang bisa dibelanjakan di e-warong.  Keluarga penerima manfaat yang dekat dengan bank dapat mengambil bantuan PKH dan BPNT 2023 secara tunai di cabang atau ATM terdekat. Sedangkan yang tidak bisa mengambil di bank bisa di kantor pos. 

Kemensos menyampaikan informasi terbaru ialah pencairan bansos PKH dan BPNT 2023. Bansos PKH dan BPNT 2023 akan diedarkan menggunakan bank anggota Himbara dan kantor Pos. Kemensos mengatakan bahwa BPNT 2023 kini akan cair secara tunai di Bank Himbara dan Kantor Pos. Tidak lagi dalam bentuk saldo Kartu Sembako. 

Hal tersebut membuat penerima bansos BPNT 2023 bisa membeli kebutuhan sembako dan menggunakan bantuan tersebut sesuai dengan kebutuhannya.

Skema Pencairan Bansos PKH dan BPNT 2023

Untuk skema pencairan bansos PKH dan BPNT 2023 pertama-tama melalui Himbara atau Bank BRI, Mandiri, BRI, BNI dan BSI dan setelah itu melalui Kantor Pos untuk daerah tertentu atau yang tidak menerima bansos hingga batas waktu yang ditentukan.

Baca Juga  BNPB: Fenomena Dust Devil Bukan Faktor Penyebab Kebakaran di Gunung Bromo

Kepastian pencairan bantuan PKH tahap 1 tahun 2023 dan BPNT melalui Himbara dan Kantor Pos menjadi pertanda baik bahwa kedua bansos ini akan cair pada Maret 2023. Pasalnya, jadwal penyaluran PKH tahap 1 telah dekat yakni 3 bulan sekali atau untuk periode pada Januari, Februari, dan Maret.

Laman resmi Kemensos menyampaikan secara jelas bahwa Kemensos dan BUMN telah sepakat untuk menyalurkan bansos PKH dan BPNT 2023 secara tunai.

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dekat dengan bank boleh mengambil bantuan PKH dan BPNT 2023 secara tunai di cabang atau ATM terdekat.

Tetapi, jika bansos PKH tahap 1 dan BPNT 2023 tidak diklaim/diambil dalam beberapa hari, maka pengeluarannya akan dialihkan ke Kantor Pos. Kemudian, benarkah bantuan cair Maret 2023, dan tanggal berapakah?

“Jadi kami sudah menyepakati itu. Semula di bank, kemudian jika beberapa hari tidak diambil maka penyalurannya itu melalui PT Pos,” kata Mensos dalam konferensi pers pada 2 Maret 2023.

“Kita tidak menggunakan e-warung lagi. Ini menyikapi dari Perpres Nomor 63 tahun 2017 (tentang penyaluran bantuan sosial secara non tunai). Boleh penarikan tunai atau barang. Oleh karena itu kita menyepakati penyalurannya tunai,” lanjut Mensos Risma.

Baca Juga  Kominfo Buka Beasiswa S2 di Dalam dan Luar Negeri 2023, Ini Syarat dan Cara Daftar

Jadwal Pencairan PKH dan BPNT 2023

Bansos PKH tahap 1 dan BPNT diperkirakan cair dalam waktu dekat yakni pada Maret 2023 jelang Ramadhan, seperti jadwal cair PKH tahap pertama.

Sedangkan untuk pencairan BPNT 2023, diperkirakan akan cair dengan cara dirapel 3 bulan untuk Januari, Februari, dan Maret 2023 sampai KPM akan dapat Rp600.000.

Juga tanda bansos PKH tahap 1 dan BPNT 2023 telah cair yakni terdapat status penyaluran ketika mengecek nama penerima bansos di cekbansos.kemensos.go.id ataupun mendapat surat undangan dari PT Pos Indonesia.

Untuk pencairan yang menggunakan/melalui Kantor Pos ada 3 skema pencairan PKH dan BPNT 2023 yaitu:

  • KPM ke Kantor Pos sesuai dengan jadwal dalam surat undangan yang dikasih oleh pihak Pos Indonesia.
  • PT Pos akan datang ke komunitas seperti RW, RT, kelurahan, banjar dan komunitas masyarakat yang lain untuk mengedarkan bantuan PKH dan BPNT 2023
  • Skema door to door. Di mana petugas Pos bakal mengantarkan langsung ke rumah mereka masing-masing.
  •  

 

banner 325x300