Nasional

Ini Sejarah Hari Pancasila, Ideologi untuk Bangun Bangsa

6641
×

Ini Sejarah Hari Pancasila, Ideologi untuk Bangun Bangsa

Share this article
Hari Pancasila 1 Juni
Hari Pancasila 1 Juni Image by <a href="https://www.freepik.com/free-vector/gradient-pancasila-day-background_25633356.htm#query=pancasila%20day&position=16&from_view=search&track=ais">Freepik</a>

G24NEWS.TV ,JAKARTA — Peringatan Hari Pancasila 1 Juni 2023 ini punya makna penting, terutama bagaimana agar ideologi ini bisa menjaga kerukunan dan harmoni bangsa jelang Pemilu 2024, mari kita kupas sejarah dari hari ini.

Hari lahir Pancasila jatuh pada tanggal 1 Juni ditandai oleh pidato yang dilakukan oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno pada 1 Juni 1945 dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan).

Soekarno melihat Pancasila sebagai visi bersama untuk menciptakan negara yang adil dan berdaulat.

Kata “Pancasila” sendiri berasal dari bahasa Sanskerta, yang berarti “lima prinsip” yang mendasari ideologi negara.

Tokoh lain yang menyumbangkan pikirannya tentang dasar negara antara lain adalah Mohammad Hatta, Muhammad Yamin dan Soepomo.

Pada tanggal 29 Mei 1945 Muhammad Yamin mengemukakan lima asas bagi negara Indonesia Merdeka, yaitu ”kebangsaan, kemanusiaan, ketuhanan, kerakyatan, dan kesejahteraan rakyat.” 

Kemudian Soekarno mengusulkan lima asas yaitu ”kebangsaan Indonesia, internasionalisme atau peri-kemanusiaan, persatuan dan kesatuan, kesejahteraan sosial, dan ketuhanan yang Maha Esa”. 

Soekarno menamakan ‘Pancasila’ dan pidatonya diterima dengan gegap gempita oleh peserta sidang. 

Lima Prinsip Pancasila Pancasila terdiri dari lima prinsip utama yang saling melengkapi. Prinsip-prinsip tersebut adalah:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa: Mengakui adanya Tuhan yang Maha Esa dan menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan.
  2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Menghormati martabat dan hak asasi manusia, serta mempromosikan keadilan sosial.
  3. Persatuan Indonesia: Mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
  4. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Mempromosikan demokrasi yang berdasarkan musyawarah untuk mencapai mufakat
  5. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Mengupayakan pemerataan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
Baca Juga  Ganjil Genap di Jakarta Mulai Berlaku Lagi Hari Ini

Mengapa Peringatan Hari Pancasila Bermakna?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa peringatan ini memiliki signifikansi yang besar:

Menguatkan Kesatuan

Peringatan Hari Pancasila memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk bersatu dalam semangat dan nilai-nilai Pancasila. Hal ini memperkuat rasa persatuan dan kebangsaan, serta mengingatkan kita akan pentingnya berada dalam satu wadah yang sama.

Mempertegas Nilai-nilai Dasar Negara

Melalui peringatan ini, masyarakat diingatkan akan pentingnya menjunjung tinggi dan menerapkan nilai-nilai dasar negara. Dengan memahami dan mengamalkan Pancasila, kita dapat menciptakan masyarakat yang adil, beradab, dan berkeadilan.

Mendorong Pemahaman Sejarah

Hari Pancasila menjadi momen yang tepat untuk mengenang sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan dan membentuk ideologi negara. Hal ini penting agar generasi muda dapat menghargai dan memahami perjuangan para pahlawan yang telah membangun Indonesia.

Baca Juga  Apa Benar Pancasila Selaras dengan Nilai-nilai Islam?

Menjalin Toleransi dan Keragaman

Pancasila mengajarkan pentingnya menghormati perbedaan dan memelihara kerukunan antarumat beragama, suku, dan budaya. Peringatan Hari Pancasila dapat menjadi ajang untuk memupuk kerukunan, toleransi, dan menghargai keragaman sebagai kekayaan bangsa.

Menginspirasi Generasi Muda

Hari Pancasila memberikan kesempatan untuk menginspirasi generasi muda agar menjadi pemimpin masa depan yang berintegritas dan berkomitmen terhadap nilai-nilai Pancasila. Dengan memperkuat pemahaman mereka tentang Pancasila, kita dapat mempersiapkan generasi yang tangguh dan siap menghadapi tantangan masa depan.

Hari Pancasila merupakan peringatan yang penting bagi bangsa Indonesia.

Melalui peringatan ini, kita menghormati dan merayakan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara yang mempersatukan kita sebagai satu bangsa.

Dengan memahami sejarah dan signifikansi Hari Pancasila, kita dapat memperkuat identitas bangsa, membangun masyarakat yang adil dan beradab, serta menjaga keutuhan dan keberagaman Indonesia.

 

banner 325x300