Nasional

Ini Link Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 49, Login Prakerja.go.id, Dapatkan Rp6 Juta

308
×

Ini Link Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 49, Login Prakerja.go.id, Dapatkan Rp6 Juta

Share this article
Ilustrasi Kartu Prakerja
Ilustrasi Kartu Prakerja

G24NEWS.TV, JAKARTA — Akhir-akhir ini masyarakat sangat antusias mencari tahu jadwal pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 49 kapan dibuka, cara daftar login www.prakerja.go.id 2023, dan cek nomor data penerima Kartu Prakerja.

Mengetahui link resmi pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 49, mari kita login dashboard www.prakerja.go.id untuk mendapatkan insentif sebesar Rp 6 juta.

Mengenai Kartu Prakerja yang dijalankan di tahun 2023, sangat berbeda dengan program Kartu Prakerja yang dijalankan pada tahun-tahun sebelumnya oleh Pemerintah.

Karna pada tahun 2023 ini, Kartu Prakerja lebih fokus pada pengembangan dan peningkatan kemampuan peserta yang lolos seleksi Kartu Prakerja.

Berbeda pada tahun 2020 hingga 2022, di mana Kartu Prakerja dilaksanakan dengan tujuan membantu pekerja maupun pengangguran yang teedampaks pandemi COVID-19.

Tertulis sejak tahun 2020 hingga 2022, sudah ada 47 gelombang Kartu Prakerja yang dibuka oleh Pemerintah. Bahkan sudah belasan juta masyarakat pendaftar telah mengikuti program ini.

Salah satu faktor penyebab Kartu Prakerja sangat menjadi program andalan masyarakat, yakni dikarenakan insentif yang didapat peserta lolos mencapai total Rp 4,2 juta.

Baca Juga  Ini Pengumuman Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 49, Peserta Lolos Jika Muncul Tanda Ini

Berikut ini syarat lengkap pendaftaran Kartu Prakerja:

  • WNI minimal berusia 18 tahun.
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  • Masih mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  • Bukan bagian dari penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Lihat cara mendaftar Kartu Prakerja:

  • Buka laman prakerja.go.id
  • Buat akun Pribadi dengan email jika belum memiliki
  • Login ke dashboard dengan email yang sudah terdaftar
  • Lengkapi data diri anda dan lakukan verifikasi dengan teliti
  • Klik Gabung Gelombang pada dashboard Kartu Prakerja

Lalu, kapan Kartu Prakerja Gelombang 49 dibuka?

Jika menengok pada gelombang Kartu Prakerja sebelumnya, kemungkinan pembukaan akan dilakukan 1 hari hingga 2 minggu setelah pengumuman peserta lolos Kartu Prakerja gelombang sebelumnya.

Baca Juga  Bamsoet: Segera Dibangun Jalur Tol Baru Khusus untuk Motor di Bali

Namun yang harus dicatat, hal tersebut hanya estimasi jika menengok pada gelombang sebelumnya. Kemungkinan PMO Kartu Prakerja membuat kebijakan baru.

Tertera link daftar Kartu Prakerja masih sama seperti gelombang-gelombang sebelumnya, yaitu www.prakerja.go.id.

Saat ini, pihak panitia telah memperbaharui laman dashboard prakerja.go.id menjadi situs yang lebih interaktif dan tidak monoton.

Beberapa fitur terbaru Kartu Prakerja adalah lowongan kerja. Pada situs Kartu Prakerja, terdapat info lowongan kerja sebagai digital marketing di Taman Wisata Merci dengan gaji Rp2,5 juta hingga Rp3,2 juta.

Di lain hal pada dashboard Kartu Prakerja tersebut, ada lowongan Merchandiser Ecommerce di PT Trimitra Promosindo dengan gaji Rp5 juta – Rp6 juta sebulan.

Seperti itu link resmi pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 49 yang akanl dibuka, yuk login sekarang juga www.prakerja.go.id dan dapatkan Rp 3 juta.

banner 325x300