Politik

Hilirisasi Kata Andalan Gibran di Debat Keempat Pilpres

105
×

Hilirisasi Kata Andalan Gibran di Debat Keempat Pilpres

Share this article
Calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam debat keempat Pilpres 2024 KPU, di JCC, Jakarta, Minggu (21/1/2024) malam. Foto: Tangkap layar siaran langsung di TV KPU
Gibran Ungkap Ppentingnya Hilirisasi Digital

G24NEWS.TV, JAKARTA – Kata hilirisasi masih menjadi kata andalan calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam Debat keempat Pilpres 2024 di JCC, Jakarta, Minggu (21/1/2024).

Pada debat sebelumnya, atau debat kedua Pilpres pada 22 Desember 2023 lalu, Gibran juga cukup sering menyebut kata “hilirisasi”.

Sepanjang debat keempat Pilpres 2024 ini, ANTARA mencatat Gibran mengucapkan kata “hilirisasi” sebanyak 12 kali di dalam debat yang mempertemukan cawapres itu.

Selanjutnya, Gibran juga cukup sering menyebutkan kata “pupuk”, UMKM hingga mengenalkan istilah “mekanisasi” dalam sektor pertanian.

Walikota Surakarta itu paling sering menyebutkan kata “hilirisasi” pada segmen penyampaian visi dan misi dan pernyataan penutup dalam acara debat cawapres, yakni masing-masing sebanyak lima kali.

Ia menyampaikan hilirisasi yang direncanakan tidak terbatas pada sektor tambang, tapi akan diperluas cakupannya ke sektor pertanian, maritim, dan digital.

Sesuai dengan tema debat, yakni energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat, Gibran juga cukup sering mengatakan kata “pupuk” sebanyak sembilan kali.

Gibran menilai ketersediaan pupuk penting dalam rangka meningkatkan produktivitas petani untuk menjaga ketahanan pangan nasional.

UMKM

Selanjutnya, ada “UMKM” disebutkan enam kali yang dia nilai penting untuk dibesarkan sebagai salah satu bentuk menjalankan Permen Investasi nomor 1 tahun 2022 tentang Tata Cara Pelaksanaan Kemitraan di Bidang Penanaman Modal Antara Usaha Besar dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Daerah.

Baca Juga  Gibran Disebut Lokomotif Bagi Generasi Muda

“Intinya perusahaan-perusahaan besar bisa menggandeng UMKM lokal, pengusaha lokal. Jadi mereka tidak besar sendiri tapi ikut membesarkan warga lokal, pengusaha lokal, dan UMKM,” ujar Gibran saat segmen kedua debat keempat Pilpres 2024 tadi malam (Minggu, 21/1).

Lalu “nikel”, “redistribusi tanah”, dan “energi hijau” juga disebutkan sebanyak enam kali di sepanjang acara debat Pilpres 2024 itu.

Hal menarik lainnya dari debat keempat itu adalah saat Gibran melontarkan pertanyaan ke cawapres nomor urut 3 Mahfud MD soal “greenflation” pada segmen keempat debat. Mahfud menilai pertanyaan itu tidak layak dijawab karena penanya juga tidak menjelaskan soal inflasi hijau.

Untuk diketahui, greenflation atau inflasi hijau merupakan singkatan dari dua kata yakni green (hijau) dan inflation (inflasi) yang artinya kenaikan harga bahan baku dan energi sebagai bagian dari transisi menuju penggunaan energi ramah lingkungan.

Dalam kesempatan itu, Gibran juga menyampaikan sejumlah istilah asing di beberapa pernyataannya meski tidak sebanyak kata “hilirisasi”, antara lain istilah “green jobs” sebagai peluang kerja ramah lingkungan masa depan, “mekanisasi” petani di antaranya termasuk “smart farming”.

Berikut adalah tabel dari 10 besar kata atau subtema yang paling sering diucapkan Gibran di debat keempat:
No Kata/subtema Jumlah
1. Hilirisasi 12
2. Pupuk 9
3. UMKM 6
4. Energi hijau 6
5 Nikel 6
6. Redistribusi Tanah 6
7. Mekanisasi 5
8. Green Jobs 3
9. Kebijakan Satu Peta 3
10. Perlindungan Masyarakat Adat 3

Baca Juga  Bawaslu Pantau Pergeseran Logistik di Sejumlah KPU Kabupaten dan Kota Papua

Pemerataan Pembangunan

Dalam debat Pilpres itu, Gibran menyampaikan jika agenda hilirisasi, pemerataan pembangunan, transisi menuju energi hijau, ekonomi kreatif, dan UMKM bisa dikawal maka akan terbuka sebanyak 19 juta lapangan kerja, 5 juta diantaranya adalah “Green Jobs”.

“Green jobs adalah peluang kerja di bidang pelestarian lingkungan. Green jobs adalah tren peluang kerja masa kini dan masa depan,” tuturnya.

Sementara “mekanisasi”, Gibran berupaya untuk mendorong produktivitas petani dengan melibatkan generasi muda melalui smart farming (pertanian pintar) dengan menggunakan IoT (Internet of Things) untuk melihat pH (derajat keasaman) tanah, kesuburan tanah, hingga penggunaan drone (pesawat nirawak) untuk menyemprot pestisida.

Sementara itu, cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar mengucapkan kata “hilirisasi” sebanyak empat kali dalam acara debat pilpres itu. Sedangkan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD tidak terucap kata “hilirisasi”.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, dan debat ketiga 7 Januari 2024, KPU menggelar debat keempat yang mempertemukan para cawapres. (ANTARA)

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

 

banner 325x300