Nasional

Doa Awal Tahun Baru Islam, Teks dan Waktu Membacanya

221
×

Doa Awal Tahun Baru Islam, Teks dan Waktu Membacanya

Share this article
Foto: MUI
Foto: MUI

G24NEWS.TV, JAKARTA –  Tahun baru Islam atau 1 Muharram 1445 kali ini jatuh pada 19 Juli 2023.

Dalam ajaran Islam bagi setiap Muslim yang akan melaksanakan sesuatu harus diiringi dengan doa, tak terkecuali pergantian tahun.

Berikut bacaan doa awal dan akhir tahun baru Islam 2023.

Perlu diingat pula bahwa doa akhir tahun dibaca oleh umat Islam pada waktu sebelum Maghrib tanggal 18 Juli 2023.

Tepatnya ketika sore hari sampai selesainya waktu Ashar.

Pada momen inilah menjadi waktu terbaik untuk melaksanakan muhasabah akhir tahun.

Sedangkan untuk doa awal tahun dibaca selepas Magrib.

Hal ini mengingat perhitungan tahun dalam Islam dimulai pasca terbenamnya matahari.

Doa Akhir dan Awal

Seperti dilansir dari laman resmi Majelis Ulama Indonesia (MUI), merujuk pada kitab Al-Jami’ Al-Kabir karya Imam As-Suyuthi, beliau mencantumkan doa akhir dan awal tahun dalam karyanya tersebut.

Selanjutnya, doa dalam kitab Imam As-Suyuthi tersebut ditambahkan lafadz shalawat di awal kalimat oleh Mufti Batavia, Habib (Sayyid) Utsman bin Yahya

Baca Juga  Simak Perbedaan Aturan Penyelesaian Sengketa Pemilu yang Baru Menurut Bawaslu

Ketentuan waktu pembacaan doa di atas perlu diperhatikan dengan baik oleh setiap muslim.

Nah, berikut ini bacaan doa awal dan akhir Tahun Baru Islam 2023.

Doa Akhir Tahun

Teks Arab:
اَللّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِيْ هذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنَيْ عَنْهُ وَ لَمْ تُرُضِهِ وَ نَسِيْتَهُ وَ لَمْ تَنْسَهُ وَ حَلَمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَي عُقُوْبَتِيْ وَ دَعَوْتَنِيْ اِلَي التَّوْبَةِ بَعْدَ جُرْأَتِيْ عَلَى مَعْصِيتَكَ اَللّهُمَّ فَاِنِّيْ اسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْ لِيْ وَ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ تَرْضَاهُ وَوَعَدتْنِي الثَّوَابَ فَاَسْاَلُكَ اللّهُمَّ يَا ذَا الْجُوْدِ وَالْكَرَمِ اَنْ تَقْبَلَهُ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ وَصَلَّي اللهُ عَلَي سَيّدِنَا مُحَمّدً وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِه وَسَلَّم

“Allahumma maa ‘amiltu fi haadzhis-sanati mimmaa nahaitanii ‘anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halamta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa uquubatii wa da’autanii ilat taubati ba’da jur-atii alaa ma’syiyatika, Allahumma fa inni astagfiruka fagfirlii wa maa ‘amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa’adtanitsawaaba fas’alukallahumma yaa kariimu yaa dzal judi wal karami an tataqabbalahuu minnii wa laa taqtha’ rajaaii minka yaa kariim. wa shallalahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihii wa sahbihii wa sallam.”

Baca Juga  Korban Penipuan iPhone Bersama Penasihat Hukum Mendatangi Polda Metro Jaya untuk Mencari Keadilan

Teks Terjemahan:

“Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-mu, sedang kami belum bertaubat, padahal engkau tidak melupakannya dan engkau bersabar, yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya, dan Engkau sudah mengajak saya untuk bertaubat sesudah saya maksiat. Karena itu ya Allah saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu. Segala yang telah saya kerjakan selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada-Mu, wahai Dzat yang maha pemurah. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas pendahulu kami Muhammad, Nabi yang Ummi dan ke atas keluarga dan sahabatnya.”

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

banner 325x300