Nasional

Dies Natalis ke-73 UGM, Ini Harapan Menko Airlangga 

314
×

Dies Natalis ke-73 UGM, Ini Harapan Menko Airlangga 

Share this article
airlangga hartarto
airlangga hartarto, menteri koordinator bidang perekonomian.

G24NEWS.TV, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap Universitas Gadjah Mada (UGM) terus menjadi membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan bermanfaat bagi Indonesia.

Menurut dia, UGM sudah membuktikan diri sebagai perguruan tinggi yang mampu mencetak sumber daya unggul sepanjang kampus ini berdiri.

“UGM di sepanjang sejarah telah menunjukkan peran penting dalam mendidik, membangun SDM Indonesia menjadi adaptif kreatif, dan inovatif,” kata Airlangga Hartarto dalam pernyataannya.

Airlangga sendiri adalah lulusan UGM jurusan teknik mesin, Fakultas Teknik tahun 1987.

“Saya Airlangga Hartarto, Menko Perekonomian Republik Indonesia, mengucapkan selamat dies natalies Universitas Gadjah Mada,” tandasnya.

Baca Juga  Tantangan Politik di Indonesia di Masa Mendatang

“Semoga UGM dapat terus menyelenggarakan pendidikan maupun penelitian yang berkualitas dalam pengembangan sumber daya manusia serta pelestarian dan pengembangan ilmu yang unggul dan bermanfaat bagi masyarakat,” imbuhnya.

Lulusan UGM, Tokoh Potensial Pilpres 2024 

UGM didirikan pada awal periode kemerdekaan dan menjadi universitas negeri pertama di Indonesia. Awalnya UGM berdiri sebagai Balai Nasional Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan bagi penyelenggaraan pendidikan tinggi nasional.

Kampus ini adalah gabungan dari beberapa sekolah tinggi yang telah lebih dulu didirikan, di antaranya Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada, Sekolah Tinggi Teknik, dan Akademi Ilmu Politik yang terletak di Yogyakarta, Balai Pendidikan Ahli Hukum di Solo, serta Perguruan Tinggi Kedokteran Bagian Praklinis di Klaten.

Baca Juga  Ini Aturan Pemerintah Soal THR Natal 2022, Sudah pada Terima Belum?

Dalam sejarahnya sudah mampu melahirkan tokoh-tokoh nasional yang mampu memberikan warna baru bagi dunia perpolitikan Indonesia.

Presiden Joko Widodo adalah alumnus Fakultas Kehutanan UGM. Wakil Presiden Boediono juga lulusan fakultas ekonomi UGM.

Saat ini bursa bursa tokoh-tokoh yang potensial maju sebagai dalam Pilpres 2024 juga didominasi lulusan UGM, sebut saja Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Airlangga Hartarto.

banner 325x300