HeadlineNasional

BRIN: Target 20% Suara Partai Golkar pada Pemilu 2024 Sangat Realistis

300
×

BRIN: Target 20% Suara Partai Golkar pada Pemilu 2024 Sangat Realistis

Share this article
lambang golkar
Golkar Papua Komitmen Menangkan Pemilu 2024

G24NEWS.TV, JAKARTA – Target Partai Golkar untuk memeroleh 20 persen kursi legislatif pada Pemilu 2024 cukup realistis meski tidak mudah, ujar Peneliti Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Siti Zuhro. 

Partai Golkar menurut Siti Zuhro adalah partai yang mempunyai pengalaman panjang dalam dunia politik Indonesia. Selain itu Golkar adalah partai dengan soliditas tinggi hingga saat ini. 

“Dalam dinamika politik tidak ada yang tidak mungkin. Golkar perlu melakukan evaluasi secara utuh untuk menentukan bisa tidaknya mencapai target 20 persen di Pileg 2024,” ujar dia di Jakarta, Selasa  (27/12).

Menurut Wiwiek, panggilan Siti Zuhro evaluasi bisa dilakukan dengan memetakan tempat-tempat penyumbang suara Golkar pada Pemilu 2019 lalu.

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU RI) pada Pemilu 2019 lalu, menetapkan Golkar sebagai pemenang kedua dengan memperoleh sebanyak 85 kursi di DPR RI dengan perolehan suara 17.229.789 atau 12,31 persen.  

Kualitas Caleg Partai Golkar Harus Mumpuni

Hal lain yang harus dilakukan adalah memastikan kualitas caleg yang akan maju dalam Pemilu 2024 dan program kerja. 

“Keempat, partai dalam keadaan solid dan promising (menjanjikan) bagi masyarakat, dan yang kelima caleg harus disenangi pemilih,” ujar dia.  

Jika syarat-syarat tersebut bisa dipenuhi, menurut Wiwiek, Partai Golkar baru bisa memproyeksikan perolehan suara Pileg 2024 dibandingkan Pileg 2019.  Apakah setelah 5 tahun suara Partai Golkar mampu melompat mencapai 20 persen, ujar Wiwik. 

Baca Juga  MKGR Dukung Airlangga Hartarto Jadi Ketua Umum Golkar Periode 2024-2029

Menurut Wiwik, dengan selama soliditas internal partai yang terjaga, partai yang dipimpin Airlangga Hartarto ini berpeluang besar melewati hambatan besar yang bisa mengganggu kerja-kerja politik. 

Internal Partai Golkar Harus Solid

“Prinsipnya, selama partai tak mengalami konflik atau perpecahan dan tindakan melanggar hukum seperti kasus korupsi, maka bisa diprediksi ke depan tidak mengundang masalah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Zuhro menyebut pentingnya keabsahan partai politik dalam menentukan target. Hal itu berguna untuk memompa semangat dan kinerja mesin politik partai.

“Partai sah-sah saja mematok angka capaian yang tinggi dalam pemilu 2024. Hal itu diperlukan untuk menyemangati dan memotivasi atau mendorong pengurus dan kader partai agar bekerja lebih keras mencapai 20 persen suara,” pungkasnya.

Politisi Partai Golkar Dave Akbarshah Fikarno mengungkapkan target 20 persen perolehan suara berlaku untuk semua kader.

“Itu adalah target bagi seluruh kader Partai Golkar yang akan bertarung pada pemilu yang akan datang,” ungkapnya.

Mesin Politik Partai Golkar Aktif dan Solid

Dia optimistis target tersebut bisa dicapai dengan kerja keras dari mesin politik Golkar yang aktif dan solid. 

“Sangat mungkin tercapai bila seluruh elemen partai solid dan fokus bekerja,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto membeberkan target yang harus dilakukan seluruh kader partai berlambang pohon beringin itu untuk meraih kemenangan di Pemilu 2024, yaitu Pileg, Pilpres, dan Pilkada Serentak tahun 2024.

Baca Juga  Airlangga Hartarto Targetkan Prabowo-Gibran Menangkan 55% Suara di Sumbagsel

“Yang paling penting untuk menenangkan Golkar di Pileg, Pilkada. Targetnya, jelas 20% suara atau 115 kursi di DPR RI,” tegas Airlangga.

Airlangga menambahkan, jika anggota DPR memperoleh 100.000 suara, maka urusan pemilihan presiden bakal mudah. 

“Kalau anggota DPR ada yang dapat 100 ribu, kalau semua bisa 100.000, maka Presiden urusan gampang,” kata dia yakin.

Perbanyak Kegiatan dan Rangkul Tokoh Masyarakat

Untuk mewujudkan target ini, Airlangga meminta para kader di berbagai tingkatan untuk mulai menggelar kegiatan sebanyak-banyaknya. Selain itu, kata dia, dia berharap para kader mulai merangkul masyarakat dan tokoh agama setempat.

Dia mengingatkan bahwa kemenangan dalam Pemilu 2024 ini bisa menjadi kado indah dalam perayaan ulang tahun Golkar ke-60 tahun. 

“Saya minta untuk konsolidasi di berbagai tingkatan dan membentuk jaringan melalui TPS. Yang kedua, tokoh-tokoh agama, adat, masyarakat, untuk dipetakan siapa yang dekat dengan kita dan siapa yang belum,” jelas Airlangga.

Kenaikan target perolehan kursi tersebut juga mengikuti target yang ingin dicapai partai berlambang pohon beringin itu secara nasional. “Saya optimistis, partai Golkar akan menjadi pemenang pada Pemilu 2024,” ungkapnya. 

banner 325x300