InternasionalVideo

Belajar tentang Metaverse Dubai dan Masa Depan Dunia

297
×

Belajar tentang Metaverse Dubai dan Masa Depan Dunia

Share this article
dubai metaverse
dubai metaverse

G24NEWS.TV, JAKARTA — Belakangan ini topik Metaverse semakin menyita perhatian seiring dengan perkembangan teknologi yang masif, kita juga semakin banyak disuguhkan berbagai visual dengan bagaimana keindahan dunia virtual tersebut, ini pengalaman Dubai.  

Arief Ramadhan Assistant Professor di Doctor of Computer Science Program (DCS) BINUS UNIVERSITY menjelaskan lebih dalam apa itu metaverse.  Metaverse adalah istilah yang terbagi menjadi dua bagian, yakni “meta” yang berarti di luar/atas atau melebihi, serta “verse” yang memiliki arti semesta. Kedua kata tersebut berasal dari bahasa Yunani yang akhirnya diartikan sebagai “di luar semesta” atau “melebihi semesta”.

Di negara seperti Dubai sudah mulai mengarahkan masyarakatnya untuk menggunakan teknologi metaverse ini dalam menjalani kebutuhan sehari-hari seperti konsultasi kesehatan sampai berkomunikasi dengan pihak kepolisian.

Baca Juga  Tanggung Jawab Kita Bersama: Lestarikan Sumber Daya Alam untuk Masa Depan yang Berkelanjutan

Baru-baru ini Dubai membuat gebrakan baru dengan rencana untuk memindahkan pemerintahannya ke dunia digital dan akan menjadikan metaverse sebagai bagian penting dalam proses pengembangan masa depan di antara perubahannya.

Ini beberapa fasilitas yang akan ada di dalam metaverse Dubai.

Rumah Sakit

Dubai meluncurkan Rumah Sakit virtual pertama di dunia dimana pasien dapat melihat apa saja fasilitas di dalamnya menggunakan Avatar sekaligus berkonsultasi dengan petugas medisnya. Semua ini dirancang agar pengguna bisa merasakan pengalaman sensorik interaktif dan innersif secara digital dengan menawarkan teknologi augmented reality dan virtual reality. 

Penegak Hukum

Kepolisian achman di Dubai menjadi lembaga penegak hukum pertama di dunia yang menyediakan layanannya di dalam metaverse. Masyarakat Dubai bisa berkomunikasi dengan pihak kepolisian dari jarak jauh, teknologinya pun dikembangkan agar kita bisa melihat riwayat pelanggaran seseorang.

Baca Juga  Yordania Tolak Permintaan Israel Duduki Sebagian Wilayah Gaza

Dan untuk mempercepat perputaran perekonomian negaranya, pemerintah Dubai juga berencana menciptakan 40.000 pekerjaan di metaverse selama 5 tahun kedepan dan  juga menambahkan 4 miliar dollar ke dalam ekonomi melalui metaverse dan pengembangan webtrick.

Dan mungkin gak ada orang yang akan menyangka kalau Meta first ini bisa menjadi sebuah potensi yang menuju bentuk baru bahkan mampu mempengaruhi peran dan fungsi negara. 

Siapapun dengan modal yang besar akan berlomba-lomba untuk masuk ke dalam metaverse baik itu perusahaan maupun sebuah negara.

Kita sebagai warga negara berkembang harus siap untuk menerima kenyataan sebuah kehidupan realitas virtual menjadi masa depan yang baru di dunia ini.

banner 325x300