Lifestyle

Ayo Piknik, Kebun Binatang Ragunan Datangkan Komodo Tahun Ini  

427
×

Ayo Piknik, Kebun Binatang Ragunan Datangkan Komodo Tahun Ini  

Share this article
Komodo (Varanus komodoensis)
Komodo (Varanus komodoensis) Taman Margasatwa Ragunan akan menambah koleksi sepasang komodo

G24NEWS.TV, JAKARTA – Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta akan menambah koleksi dengan menghadirkan komodo  pada 2023. 

Kepala Unit Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Endah Rumiyati mengatakan komodo yang akan didatangkan sejumlah dua ekor yang merupakan pasangan jantan dan betina.  “Akan datang yakni sepasang komodo dan beberapa jenis binatang lainnya,” ujar dia Jumat (3/2).  

Menurut Endah, sepasang komodo itu sebagai bagian dari penukaran satwa yang dilakukan dengan Taman Safari Indonesia (TSI) Bogor. Komodo ini akan semakin membuat koleksi  Taman Margasatwa Ragunan beragam. Saat ini kebun binatang ini sudah memiliki sekitar 2.000 koleksi untuk menarik pengunjung.  

“Jumlah satwa kita ada 2.275 yang terdiri dari beberapa satwa endemik Indonesia seperti anoa, gajah dan orang utan Sumatera,” katanya.

Baca Juga  Ini Dia 6 Kuliner Gorontalo yang Menggugah Selera!

Saat ini Taman Margasatwa Ragunan dihuni 2.275 ekor satwa serta ditumbuhi lebih dari 20.000 pohon.Lahannya seluas 147 hektare tertata dan sebagian lagi masih dikembangkan menuju suatu kebun binatang yang modern sebagai identitas Kota Jakarta.

Sedangkan untuk koleksi dari luar negeri, salah satunya ada jerapah yang berasal dari gurun savana Afrika. Beberapa waktu lalu, koleksi kebun binatang Ragunan bertambah dengan kehadiran anak jerapah dan gajah yang baru lahir pada 2022. 

Kelahiran dua anak jerapah ini bisa dipengaruhi berkurangnya jumlah kunjungan selama masa pandemi COVID-19 sehingga satwa lebih leluasa beraktivitas. “Pada masa pandemi pengunjung ini kan berkurang. Satwa itu jadi lebih sejahtera, banyak yang bereproduksi dan banyak yang lahir karena tak diganggu,” katanya.

Baca Juga  Perasaan Plantonic: Menjelajahi Kedalaman Hubungan Tanpa Batas

Dia menambahkan, untuk perawatan satwa yang hamil menjadi prioritas utama. Petugas  memperhatikan asupan konsumsi agar anak satwa lahir secara sehat.

Mengenal Lebih dekat Komodo

Komodo (Varanus komodoensis)
Komodo (Varanus komodoensis)

Komodo adalah spesies kadal besar yang hidup di pulau-pulau di sekitar Indonesia, terutama pulau Komodo, Flores, Rinca, dan Gili Motang. Mereka merupakan satu-satunya spesies kadal besar yang masih hidup saat ini dan merupakan salah satu binatang liar terbesar di dunia. 

Komodo memiliki panjang hingga 3 meter dan berat hingga 90 kilogram, dan dikenal sebagai predator tangguh yang memakan berbagai jenis binatang, termasuk hewan liar dan ternak. 

Nama ilmiah dari komodo adalah Varanus komodoensis.  Spesies ini termasuk dalam keluarga Varanidae, yang juga mencakup berbagai jenis kadal besar lainnya.

banner 325x300