Lifestyle

Ini Dia 6 Kuliner Gorontalo yang Menggugah Selera!

255
×

Ini Dia 6 Kuliner Gorontalo yang Menggugah Selera!

Share this article
Ilustrasi Panada/https://cookpad.com/id/resep/3656774-panada-abon-tuna
Panada

G24NEWS.TV, JAKARTA — Makan, makan, makan. Siapa sih yang gak suka makan? Jadi, kali ini kita bakal menjelajahi masakan tradisional, khususnya dari Gorontalo! Jangan salah, makanan khas mereka sangat banyak dan enak-enak, lho. Pasti ngiler deh! Yaudah kalo gitu kita langsung simak aja yuk!

  1. Ikan Bakar Gorontalo, Segar dari Laut

Gorontalo adalah provinsi dengan kekayaan laut yang sangat banyak, jadi gak heran kalau ada banyak seafood, termasuk ikan bakarnya yang khas. Ikannya dipanggang dengan bumbu khas Gorontalo, yang bakal bikin nagih! Perpaduan rempah dengan bahan segar yang sempurna bikin cita rasanya unik, gak cuma aroma bakaran yang wangi aja. Kamu harus coba nih!

  1. Sate Gorontalo, Sate yang Beda dari Biasanya!

Nah, Gorontalo juga punya versi sate khasnya, lho. Sate Gorontalo ini berbahan dasar daging cincang dengan seasoning khas Gorontalo. Kalau kamu makan sate ini, rasa gurih dan sedikit pedas akan bercampur-aduk sampai lidah bergoyang. Satenya bisa disajikan dengan ketupat atau lontong dan juga kuah kacang seperti sate pada umumnya. Tetap saja, kamu harus cicipi sate unik ini, guys!

  1. Cakalang Fufu, Bintang Ikon Kuliner Manado

Masih dengan bahan dasar ikan, Cakalang Fufu adalah olahan ikan cakalang yang dikeringkan lalu digoreng hingga kering dan crispy. Fufu itu apa sih? Nah, Fufu adalah nasi yang dikukus pakai daun pisang. Jadi, kalau kamu makan Cakalang Fufu, bakal nikmat banget deh, apalagi kalau pake sambal dan sayuran segar. Komplit deh!

  1. Panada, Pempek ala Gorontalo

Kalau Palembang punya pempek, Gorontalo punya panada! Panada ini snack khas Gorontalo, yaitu adonan tepung berisi campuran ikan atau sayuran. Semacam roti goreng, panada ini juga digoreng hingga matang. Teksturnya yang renyah akan membuat Panada jadi camilan favorit di Gorontalo, dan pasti juga buat kamu!

  1. Binte Biluhuta, Manis dan Lumer di Mulut

Saatnya kita beralih ke makanan penutup! Ada yang namanya Binte Biluhuta yaitu bola-bola dari tepung beras, lalu digoreng sampai kecokelatan. Gak hanya sampe situ, bola-bola ini mendapat rasa manis dari gula kelapa yang akan meleleh kalau kamu gigit di mulut. Hmm, bikin ngiler!

  1. Es Pallu Butung, Minuman Segar di Kala Panas

Udah puas makan nih, maka kita beralih ke Es Pallu Butung, minuman segar khas Gorontalo. Kenapa namanya Pallu? Karena es ini terbuat dari buah pallu (kelapa muda). Minuman ini juga mendapat dari gula aren, santan, dan segar dari es serut. Setelah minum, dijamin dahagamu hilang dan jadi good mood lagi!

Baca Juga  Bahas Smartwatch yang Lagi Nge-Hits, Apa Aja Fitur Canggihnya?

Jadi, kalau kamu ke Gorontalo, wajib banget nih cicipin masakannya. Cita rasanya yang unik, khas, dan nagih, bakal bikin perut kamu kenyang dan senang. Juga siapa tahu suatu hari kamu bisa belajar masak makanan khas Gorontalo, wah seru banget! Jadi, selamat menikmati kuliner di sana!

banner 325x300