Internasional

AS dan Jepang Sebut China adalah Tantangan Terbesar yang Belum Pernah Ada

278
×

AS dan Jepang Sebut China adalah Tantangan Terbesar yang Belum Pernah Ada

Share this article
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken (kanan) berbicara dalam konferensi pers dengan Menteri Pertahanan Lloyd J. Austin III (kanan), Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi (kiri), dan Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada (kiri) di Departemen of State di Washington D.C., Amerika Serikat pada 11 Januari 2023.
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken (kanan) berbicara dalam konferensi pers dengan Menteri Pertahanan Lloyd J. Austin III (kanan), Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi (kiri), dan Menteri Pertahanan Jepang Yasukazu Hamada (kiri) di Departemen of State di Washington D.C., Amerika Serikat pada 11 Januari 2023. (Foto Anadolu Agency)

G24NEWS.TV, JAKARTA  — AS dan Jepang mengatakan bahwa China adalah tantangan strategis “terbesar” bagi kedua negara dalam sebuah konferensi pers setelah dialog tentang keamanan antara menteri luar negeri dan pertahanan Amerika – Jepang di Washington.

“Kami setuju bahwa China adalah tantangan strategis bersama terbesar yang kami dan sekutu serta mitra kami hadapi,” kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken dikutip dari Anadolu

Menteri Luar Negeri Jepang Yoshimasa Hayashi menyebut China menghadirkan “tantangan strategis terbesar dan belum pernah terjadi sebelumnya.”

“Kebijakan luar negerinya untuk menciptakan kembali tatanan internasional untuk melayani kepentingannya sendiri merupakan perhatian besar bagi aliansi Jepang-AS dan seluruh komunitas internasional,” kata Hayashi.

Dia mengatakan AS dan Jepang menentang terhadap “klaim yang melanggar hukum dan upaya dan tindakan koersif dan provokatif” oleh China di Laut China Selatan.

Baca Juga  Lewati Drama 15 Kali Pemilihan, Kevin McCarthy Jadi Ketua DPR Amerika Serikat

“Kami menegaskan kembali bahwa posisi dasar kedua negara kami di Taiwan tetap tidak berubah dan menegaskan pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas Selat Taiwan,” kata Hayashi.

Selama pertemuan mereka, Blinken mengatakan para menteri membahas cara-cara untuk memperdalam koordinasi antara kedua negara, termasuk komando dan kontrol sekutu, intelijen, pengawasan dan pengintaian, penggunaan fasilitas bersama dan bersama serta peningkatan latihan bilateral.

Dia mengatakan AS dan Jepang memperkuat kerja sama dengan sekutu dan mitra dalam menghadapi peluncuran rudal Korea Utara.

Blinken juga mengatakan AS memuji janji Jepang untuk menggandakan anggaran pertahanan pada =2027, mencatat bahwa “strategi Jepang selaras erat dengan strategi keamanan nasional kita sendiri.”

Dia mengatakan kedua negara juga bekerja dengan mitra G-7 untuk membebankan biaya pada Rusia atas perangnya di Ukraina, menambahkan bahwa AS menantikan kepemimpinan Jepang dan mendorong agenda ambisius dalam hal ini selama kepresidenannya di G-7 tahun ini. .

Baca Juga  Yuk Kita Bongkar Shinkansen: Keajaiban Kereta Cepat Jepang

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan China adalah tantangan untuk Departemen Pertahanan, menambahkan bahwa Jepang dan Amerika Serikat tetap unik dalam keprihatinan mereka atas tindakan destabilisasi China.

Kerja sama luar angkasa Amerika Serikat – Jepang 

Blinken juga mengatakan kedua negara akan menandatangani perjanjian baru tentang kerja sama di luar angkasa.

“Perjanjian ini telah dibuat selama satu dekade. Ini mencakup segalanya mulai dari penelitian bersama hingga bekerja sama untuk mendaratkan wanita dan orang kulit berwarna pertama di bulan.

“Intinya begini. Kami dan rakyat kami selalu lebih kuat dan lebih aman bersama,” kata diplomat AS itu.

banner 325x300