Ekonomi

Andika Hazrumy Akan Fokus Benahi Sektor Pariwisata Banten

149
×

Andika Hazrumy Akan Fokus Benahi Sektor Pariwisata Banten

Share this article
Bakal Calon Bupati Serang dari Partai Golkar Andika Hazrumy. Foto: Golkar
Bakal Calon Bupati Serang dari Partai Golkar Andika Hazrumy. Foto: Golkar

G24NEWS.TV, JAKARTA – Bakal Calon Bupati Serang dari Partai Golkar Andika Hazrumy mengatakan sektor pariwisata menjadi salah satu tulang punggung Pemerintah Provinsi Banten.

Untuk itu, dia mengatakan kebijakan yang diterbitkan disesuaikan dengan kebutuhan pembangunan, pengembangan dan pembenahan sektor pariwisata di provinsi itu.

“Pengelola tempat wisata kita ajak dan dibantu melakukan pembenahan-pembenahan yang tujuannya membuat wisatawan menjadi betah,” jelasnya, seperti dilansir dari laman Golkar, dikutip Selasa (26/9/2023).

Dia mengemukakan para ahli pengembangan pemasaran pariwisata sendiri, telah merumuskan mengenai pengembangan pariwisata melalui strategi aksesibilitas, amenitas dan atraksi atau sering disebut 3A.

“Nah aksesibilitas sudah dan sedang digarap pemerintah, amenitas itu tadi melalui penataan destinasinya, yang terakhir poin atraksi yang harus dan akan galakkan ke depan,” katanya.

Baca Juga  Airlangga Ajak Demokrat Selamatkan Indonesia dari Middle Income Trap

menyebut sektor pariwisata merupakan salah satu tulang punggung perekonomian di Indonesia, tak terkecuali di Banten.

Hal itu diungkapkannya saat mengunjungi Kecamatan Anyer saat melakukan sosialisasi calon legislatif dan balon kepala daerah Kabupaten Serang dari Partai Golkar, Minggu.

“Khususnya di Kabupaten Serang ini yaitu Anyer yang sejak lama memang sudah terkenal sebagai daerah tujuan wisata pantai,” kata mantan Wakil Gubernur Banten tersebut kepada pers usai acara.

Sebagai tulang punggung perekonomian, kata dia, pariwisata pada gilirannya harus bisa menjadi sektor yang bisa mensejahterakan warga atau masyarakat di sekitarnya.

“Dan Anyer sudah memiliki modal yang lebih dari cukup agar sektor pariwisatanya lebih maju dan berkembang lagi,” katanya.

Andika mengatakan, modal Anyer dimaksud di antaranya adalah dimulai dengan dimilikinya nama besar sebagai daerah tujuan wisata pantai.

Baca Juga  Jerry Sambuaga Dorong Digitalisasi di Pasar Rakyat

Terobosan Infrastruktur

Pemerintah daerah dalam hal ini Pemkab Serang dibantu Pemprov Banten juga sudah melakukan terobosan dengan berupaya menyediakan infrastruktur penunjang yang memadai.

“Kita bisa lihat sekarang, sejumlah akses jalan menuju dan dari Anyer hampir semuanya sudah dibeton. Beberapa sedang dilakukan pelebaran,” kata dia.

Selain atraksi-atraksi yang bersifat kearifan lokal setempat, atraksi-atraksi di dunia hiburan pariwisata kekinian juga perlu mulai dipikirkan.

“Misal orang senang berlibur ke Bali atau Lombok selain karena alamnya karena beragam atraksi pariwisatanya,” katanya.

Namun demikian lanjut Andika semua itu tetap harus berbasis kearifan lokal sehingga tidak terjadi gejolak sosial di masyarakat.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

banner 325x300