HeadlineInternasional

Airlangga: Indonesia Bukan Hanya Penonton Forum Internasional

137
×

Airlangga: Indonesia Bukan Hanya Penonton Forum Internasional

Share this article
Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto. Foto: IG golkar.indonesia
Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto. Foto: IG golkar.indonesia

G24NEWS.TV, JAKARTA –  Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menepis pernyataan capres nomor urut 1, Anies Baswedan soal posisi Indonesia di forum internasional.

Anies  menyebut posisi Indonesia saat ini hanya menjadi penonton dalam kancah global. Ia menegaskan posisi Indonesia selalu jelas, terutama dalam berbagai forum internasional.

Ia bahkan menyebut dalam KTT G20, keputusan yang dilontarkan RI menjadi pertimbangan negara-negara di dunia.

“Kepemimpinan G20 itu Indonesia bukan hanya duduk dan diam dan hadir, kita memimpin. Bapak Presiden datang ke Ukraina, Bapak Presiden datang ke Uni Soviet, ke Rusia, dan kita dihargai,” kata Airlangga kepada wartawan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).

Baca Juga  Lembaga Survei indEX: Prabowo-Gibran Berpotensi Menang Satu Putaran

“Indonesia bukan hanya mewarnai, tetapi menentukan arah politik luar negeri pada saat KTT G20,” sambungnya. Airlangga menyebut keputusan tersebut kemudian diadopsi oleh APEC dalam pertemuan di Bangkok, Thailand. B

Selain itu, ia juga memberi contoh saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menujukkan peran Indonesia melalui pertemuan APEC di Amerika Serikat.

Airlangga mengatakan dalam forum kerja sama ekonomi tersebut, Indonesia diundang ke Washington DC sehingga dapat menggelar pertemuan bilateral dengan Amerika Serikat.

Baca Juga  Revitalisasi Pendidikan Vokasi, Cara Airlangga Hartarto Kurangi Pengangguran  

“Kepemimpinan Indonesia itu luar biasa. Indonesia adalah negara selatan yang dianggap leader dari global south,” jelas Airlangga.

Dr. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., IPU. adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia periode 2019-2024 pada Kabinet Indonesia Maju Presiden Joko Widodo-K.H Ma’ruf Amin dan Ketua Umum Partai Golkar.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News

Editor: Lala Lala

banner 325x300