EkonomiLifestyle

Airlangga Hartarto: Mitsubishi Bisa Jual Mobil Listrik di Bawah Rp400 Juta Nggak?

237
×

Airlangga Hartarto: Mitsubishi Bisa Jual Mobil Listrik di Bawah Rp400 Juta Nggak?

Share this article
mitsubishi ev
mitsubishi ev

 

G24NEWS.TV ,JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan tantangan pada Mitsubishi untuk bisa menjual mobil listrik dengan harga di bawah Rp400 juta, bisa tidak ya?  Permintaan tersebut yang telah disampaikan oleh Airlangga pada saat kunjungan di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023.

“Harga di bawah Rp400 juta bisa nggak? ujar Airlangga Hartarto yang juga ketua umum Partai Golkar saat mengunjungi booth Mitsubishi.

General Manager of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Amiruddin mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan penelitian soal pasar mobil listrik di Indonesia.

“Kami jelaskan kepada beliau (Airlangga Hartarto), bahwa progress dari EV (electric vehicle) pada saat ini, kami sedang melakukan survey terhadap user-user yang ada,” ucap Amir. Menurut dia, Mitsubishi saat ini sedang melakukan proof of concept (POC) dengan sejumlah perusahaan logistik di Indonesia.

Baca Juga  Jangan Sampai Diisi Tenaga Kerja Asing, Airlangga Hartarto: Indonesia Butuh 15 Juta Tenaga Digital

Tujuan dari POC ini adalah mendapat gambaran terkait kondisi pasar, serta kebutuhan mobil listrik khususnya di segmen kendaraan niaga ringan. “Sejauh ini setelah melakukan tes uji coba, kami mendapatkan respons positif dari pasar. Kami terus melakukan studi itu dan nanti harapannya kami mendapatkan suatu referensi atau masukan terkait kebutuhan pasar seperti apa, spesifikasi, dan lain-lain,” ucapnya.

“Sehingga nanti kami bisa menjawab kebutuhan konsumen, dan produk yang kami keluarkan akan dapat sesuai dengan keinginan pasar,” lanjutnya. Saat ditanya apakah nantinya mobil listrik Mitsubishi akan dapat bisa dijual dengan harga di bawah 400 juta rupiah, Amir belum bisa memastikannya.

Baca Juga  Gaya Hidup Eco-Friendly Sampai Ke Jalanan, Begini 10 Manfaat Kendaraan Listrik!

“Ya makanya itu, kami kan masih penelitian market Indonesia ya, jadi masih mencari tahu kebutuhan harga seperti apa. Semuanya masih tahap studi,” tandasnya Amir.

Diketahui, untuk beberapa tahun terakhir Mitsubishi telah rajin memamerkan dan menguji Minicab MiEV di Indonesia. Spesifikasinya, Minicab MiEV memiliki kapasitas baterai Lithium-ion 16 kWh. Dalam kondisi baterai penuh, jarak tempuh yang dapat dilampaui adalah 150 km. Minicab MiEV dibekali motor listrik dengan tenaga 40 dk dan torsi 196 Nm. Jika sesuai rencana, mobil listrik niaga ini akan diproduksi mulai 2024.

 

banner 325x300