Ekonomi

Airlangga Hartarto Berhasil Dapat Dukungan Malaysia dan Thailan Perkuat Peran RI di Selat Malaka

174
×

Airlangga Hartarto Berhasil Dapat Dukungan Malaysia dan Thailan Perkuat Peran RI di Selat Malaka

Share this article
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Kemenko Perekonomian
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Kemenko Perekonomian

G24NEWS.TV, JAKARTA – Menko Perekonomian RI Airlangga Hartarto mendapakan dukungan dari Pemerintah Malaysia dan Thailan untuk meningkatkan peran Indonesia dalam pengembangan ekonomi Selat Malaka.

Dukungan ini diperoleh saat Airlangga Hartarto memimpin pertemuan tingkat Menteri Forum Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) di Batam, menjelang pekan lalu.

Selain sektor pariwisata, pertemuan forum IMT-GT juga berkomitmen untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan investasi, terutama dengan memperkuat peran Indonesia di Selat Malaka.

“Selain sektor pariwisata, pertemuan tingkat menteri juga menekankan komitmen untuk mengembangkan ekonomi berbasis biru dan pertumbuhan hijau, dengan fokus pada peningkatan hilirisasi sektor karet dan sawit,” tambah Ketua Umum DPP Partai Golkar ini.

Forum Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) merupakan pertemuan pemimpin beberapa pejabat Asean dalam meningkatkan kerjasama ekonomi dan investasi di tiga wilayah, yaitu Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Baca Juga  Ginandjar Kartasasmita Beri Kuliah Umum Pembangunan Indonesia di Golkar Institute, Singgung Tantangan Ekonomi Digital

“Dalam pertemuan ini, kami telah mencapai kesepakatan untuk mengintegrasikan, berinovasi, inklusif, berkelanjutan, dan berwawasan hijau di ketiga wilayah ini hingga tahun 2036,” ujar Menko Airlangga Hartarto.

Dalam kesempatan itu, Airlangga Hartarto ditemani Ketua Delegasi Pemerintah Daerah Malaysia, Mohamad Shukri Ramli, Ketua Delegasi Pemerintah Daerah Thailand, Pornpoth Penpas dan Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad.

Perdagangan Lintas Batas

Airlangga juga menyoroti sektor ekonomi berbasis digital, industri produk, industri halal, kawasan ekonomi khusus, dan perdagangan lintas batas sebagai fokus perhatian dalam kerjasama IMT-GT.

Deputy Permanent Secretary for Interior, Mohamad Shukri Ramli, menyatakan bahwa kerjasama dalam IMT-GT sangat penting dalam membentuk kesatuan ekonomi dan masyarakat.

Baca Juga  Kadin Andalkan UMKM Topang Pertumbuhan Ekonomi pada 2023

IMT-GT, ujarnya, juga dapat mengambil peran penting terutama dalam menghadapi tantangan ekonomi global.

“Dengan kesamaan kebijakan dan tujuan dalam kerjasama ekonomi di IMT-GT, kita dapat menghadapi tantangan ekonomi di masa depan dengan lebih kuat,” jelas Mohamad Shukri Ramli, seperti dilansir dari PRESMEDIA, Senin (2/10/2023).

Acara ini dimulai dengan sesi foto bersama semua menteri dan delegasi peserta IMT-GT, termasuk perwakilan dari Asian Development Bank (ADB), ASEAN Secretariat, JBC, UNINET, dan Centre of IMT-GT (CIMT) sebagai sekretariat bersama IMT-GT.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300