Karya dan Gagasan

AHY Belum Mengetahui Info Lanjut Pertemuan SBY dan Prabowo

28
×

AHY Belum Mengetahui Info Lanjut Pertemuan SBY dan Prabowo

Share this article
SBY
SBY-Prabowo sedang menikmati makan bersama/IST

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkapkan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bertemu di Puri Cikeas, Bogor; Jawa Barat, Jumat (23/2/2024) malam. Namun, ia mengaku belum mendapatkan cerita apa isi dari pertemuan tersebut.

“Terus terang saya sendiri belum mendapatkan ceritanya. Jadi, saya setelah ini ingin mendengar juga,” ujar AHY di Rumah Dinas Wakil Presiden, Menteng, Jakarta, Sabtu (24/2/2024).

Tapi, AHY mengaku senang jika SBY dan Prabowo kerap bertemu. Baginya, hal itu menunjukan pada masyarakat bahwa keduanya saling bersahabat.

“Jadi Pak Prabowo dengan niat yang baik ingin mendengarkan masukan-masukan dari Pak SBY,” tuturnya.

“Pak SBY juga dengan niat yang baik ingin memberikan masukan dan pengalaman yang mungkin saja bermanfaat,” papar dia.

Terakhir, ia berharap hubungan Prabowo dan SBY bisa diikuti oleh para tokoh bangsa yang lain. AHY menganggap komunikasi antar tokoh politik harus sering dilakukan meskipun tidak selalu dilakukan secara terbuka.

Baca Juga  Pendidikan Harus Berkualitas karena Kita Generasi Masa Depan Bangsa

“Tapi benar-benar ada niat baik untuk saling memberikan suport, saya pikir bagus sekali,” imbuh dia.

Persahabatan SBY dan Prabowo

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) punya sejarah hubungan panjang. Pertalian keduanya dimulai sejak sama-sama menjadi prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), puluhan tahun silam.

Di panggung politik, Prabowo dan SBY memang tak bernaung dalam satu partai. Bahkan, keduanya pernah bersaing pada Pemilu Presiden (Pilpres) 2009. Namun, jejak persaingan itu tak meghentikan langkah SBY untuk memberikan dukungan ke Prabowo pada Pilpres 2024.

Di bawah bendera Demokrat, SBY turun gunung, bertekad memenangkan Prabowo sebagai presiden RI selanjutnya. Berangkat dari militer Prabowo dan SBY sama-sama berlatar belakang militer. Keduanya saling mengenal saat menempuh pendidikan di Akademi Angkatan Bersenjata RI (Akabri) Darat, Magelang, Jawa Tengah.

Secara usia, Prabowo dan SBY hanya terpaut dua tahun. Prabowo merupakan lulusan Akabri Darat tahun 1974, sedangkan SBY lulus setahun sebelumnya pada 1973.

Baca Juga  Dijuluki Marschitect, Seniman Indonesia Vera Mulyani Perancang Kota Mars Pertama di Dunia

Kisah perkenalan dan pertemanan keduanya diungkap oleh SBY baru-baru ini. SBY mengatakan, dirinya dan Prabowo sama-sama memiliki tekad bulat untuk menjadi prajurit pembela Tanah Air.

Setelah menyelesaikan pendidikan Akabri, Prabowo bergabung dengan Komando Pasukan Khusus (Kopassus), sementara SBY masuk Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad). SBY dan Prabowo juga kerap dipertemukan ketika mengemban tugas di medan pertempuran. Misalnya, ketika keduanya sama-sama bertugas di Timor-Timur.

Tahun 1994, Prabowo dan SBY kembali dipertemukan dalam penugasan kunjungan ke Singapura. Ketika itu, keduanya masih sama-sama berpangkat kolonel. Di sela-sela kegiatan resmi, Prabowo dan SBY kerap joging bersama. Pada kesempatan itu, SBY dan Prabowo kerap berdiskusi mengenai bagaimana supaya TNI bisa semakin maju, kuat, dan tangguh dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.

 

Editor: Lala Lala/Junita Sianturi

banner 325x300