Nasional

Yuddy Chrisnandi Tekankan Golkar Ingin Kebijakan Luar Negri Indonesia Lebih Mendorong Perdamaian

246
×

Yuddy Chrisnandi Tekankan Golkar Ingin Kebijakan Luar Negri Indonesia Lebih Mendorong Perdamaian

Share this article
presentasi dari daerah
1667457444

YUDDY Chrisnandi, Mantan Duta Besar Indonesia untuk Ukraina yang juga menjabat sebagai Dewan Pakar Partai Golkar memberikan kuliah singkat kepada para peserta Golkar Institute, pada Selasa (11/10/22).

Dalam kesempatan tersebut, Yuddy menyampaikan bahwa Golkar Institute adalah inisiatif yang sangat baik dari Partai Golkar.

Khusunya bagi anak-anak muda yang ingin terjun di dunia politik, melalui pelatihan Golkar Institute “Young Political Leaders”.
“Kalian jauh lebih beruntung daripada saya, jaman saya dulu belum ada (sekolah politik dan kebijakan publik) begini, (Golkar Institute) ini inisiatif yang sangat baik dari Partai Golkar” ujarnya.

Tak hanya itu, Yuddy juga mengajak anak-anak muda untuk berani mengambil peran demi perubahan Indonesia ke arah yang lebih baik.

“Setiap orang pasti mempunyai perannya sendiri untuk membawa pengaruh ke orang lain, membangun kesadaran dan menyamakan visi misi berdasarkan prinsip negara Indonesia” ungkap anggota Dewan Pakar Partai Golkar tersebut.

Baca Juga  Hamka B Kady Harap Generasi Muda Manfaatkan Program Padat Karya

Yuddy yang juga menjadi Guru Besar FISIP Universitas Nasional ini menyampaikan materi terkait Konflik yang terjadi di Rusia- Ukraina serta Pengaruhnya bagi Dunia.

Menurutnya perang ini akan berlangsung panjang jika tidak ada solidaritas antar negara untuk menekan Rusia, membiarkan Rusia memproduksi senjata militernya, dan juga negara lain yang bergabung dengan Rusia.

Ia mengatakan bahwa Indonesia harus bisa mengambil posisi dengan pandai melihat peta dunia kedepannya.

Indonesia dengan politik bebas aktifnya, harus bisa mengambil peran secara aktif dan kreatif.

Lebih lanjut Yuddy menjelaskan bahwa Indonesia harus tahu garis politik demi mewujudkan perdamaian dunia dengan tujuan kepercayaan dan keamanan dunia.

Dalam memposisikan diri menghadapi konflik, seperti konflik Rusia dengan Ukraina.

Baca Juga  Golkar Manggarai NTT Salurkan Bantuan Kepada Korban Angin Puting Beliung

Maka Indonesia perlu melihat kepentingan nasional dengan didasarkan prinsip ideologi Indonesia yakni Pancasila dan amanat konstitusi Indonesia.“(Indonesia) Harus bisa memposisikan diri sesuai dengan kepentingan nasional Indonesia, harus didasarkan dengan prinsip ideologi kita yaitu Pancasila dan amanat konstitusi kita.” jelasnya.

Indonesia harus ikut serta dalam ketertiban dunia, karena sudah menjadi tugas Indonesia.

“Kita tidak boleh ragu-ragu bahwa apa yang dilakukan Rusia salah, karena telah melakukan banyak pelanggaran Hukum Internasional dan melakukan banyak pelanggaran lainnya”

“dengan tetap berlandaskan prinsip dasar negara, prinsip dasar itu juga menghormati kedaulatan negara lain, Indonesia harus jadi garda terdepan untuk perdamaian dunia”, sambungnya.

Saat ini, Yuddy juga aktif memberikan bantuan kepada para korban perang di Ukraina dari hasil penjualan buku karyanya “Cinta Keduaku Berlabuh di Ukraina”.
 

banner 325x300