Ekonomi

Wamendag Dorong UMKM Melek Digital

232
×

Wamendag Dorong UMKM Melek Digital

Share this article
Wamendag Dorong UMKM Melek Digital
Wamendag Dorong UMKM Melek Digital

G24NEWS.TV, JAKARTA – Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengatakan bahwa pemerintah saat ini tengah gencar mendorong pelaku UMKM agar melek digital.

Para pelaku usaha, katanya, mulai dari skala mikro maupun menengah dan besar, diharapkan dapat memperluas cakupan promosi produk, salah satunya dengan mendorong pelaku UMKM bergabung ke e-katalog pemerintah.

Hal itu disampaikan saat menjadi pembcara pada Member Gathering Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) dengan tema Program Retail Masuk Katalog Pemerintah Sekaligus Mendukung Beli Buatan Indonesia yang berlangsung di Gedung Smesco, Jakarta, Jumat (7 Juli).

Wamendag Jerry Lebih lanjut, Wamendag Jerry mengatakan bahwa terdapat ketentuan dari pemerintah pusat terkait pengoptimalan penggunaan produk dalam negeri.

Baca Juga  Perppu Cipta Kerja Bermanfaat Jaga Ekonomi dalam Jangka Panjang

Hal tersebut mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 mengenai kewajiban alokasi 40 persen bagi produk dalam negeri yang berasal dari UMKM untuk pengadaan barang dan jasa belanja pemerintah maupun badan usaha nasional.

Dengan mempertimbangkan besarnya potensi yang ada, Kemendag juga ikut mendorong percepatan program tersebut dengan membangun ekosistem bisnis melalui 4 pilar, yaitu UMKM yang terbuka terhadap perubahan, inovatif, dan punya kemauan berkembang; lokapasar (marketplace) yang bersinergi dengan UMKM; ritel modern yang berperan memberikan akses kemitraan; dan lembaga pembiayaan atau perbankan.

Baca Juga  Pemkab Batang Jateng Anggarkan Rp2,25 Miliar Ganti Atap Kolam Renang di Taman Hiburan Rakyat

Wamendag mengajak ritel modern agar dapat secara konkret bekerja sama dalam menyediakan akses pemasaran bagi UMKM serta turut bergabung ke katalog pemerintah untuk mendukung pengadaan barang dan jasa pemerintah maupun badan usaha nasional.

Selanjutnya, Wamendag Jerry bersama Ketua Umum HIPPINDO, Budiharjo Iduansjah berkesempatan mengunjungi Pameran Inabuyer B2B2G Expo 2023 di Gedung Smesco, Jakarta.

Pameran yang diselenggarakan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM ini akan berlangsung pada 5–9 Juli 2023.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300