Ekonomi

UKM Didorong Tingkatkan Kualitas Agar Tembus Ekspor

174
×

UKM Didorong Tingkatkan Kualitas Agar Tembus Ekspor

Share this article
UKM Didorong Tingkatkan Kualitas Agar Tembus Ekspor
UKM Didorong Tingkatkan Kualitas Agar Tembus Ekspor

G24NEWS.TV, JAKARTA – Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga mengatakan bahwa Kementerian Perdagangan mendorong dan membantu usaha kecil menengah (UKM) untuk meningkatkan kualitas produk agar tembus ekspor.

Hal itu disampaikan melakukan kunjungan ke Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Anyaman Bambu di Desa Tigawasa/Desa Sidatapa Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng, Bali, Jumat (22 Sep).

Kemendag bersama pemerintah daerah menyediakan pelatihan bagi UKM untuk bisa ekspor.

Para pelaku UKM juga bisa memanfaatkan perwakilan perdagangan di luar negeri untuk tembus ekspor, yaitu Atase Perdagangan dan ITPC untuk mempromosikan produk UKM.

Baca Juga  Implikasi Program Prabowo-Gibran untuk UMKM

Sentra IKM di Desa Tigawasa memiliki sumber daya alam bambu yang melimpah dan terbarukan serta memiliki keunggulan dari sisi sosial dan ekonomi.

Produknya terbuat dari kerajinan tangan, salah satunya anyaman bambu yang sebagian besar berupa produk keben (wadah dari bambu yang berfungsi untuk mengemas sarana upacara).

Untuk pemasarannya, produk yang sudah jadi kebanyakan dipasarkan ke toko peralatan sembahyang di dalam kota, luar kabupaten, bahkan luar provinsi (Jakarta, Kalimantan, dan Sulawesi).

Baca Juga  Pakar Ekonomi UI: Penerbitan Perppu Cipta Kerja akan Jaga Kinerja Investasi

Sedangkan untuk produk yang belum dicat atau decoprint (warna masih putih), akan diambil oleh pengepul di Gianyar, Bangli, untuk diproses penyelesaian (finishing).

Dalam kunjungan kerja di Buleleng, Wamendag juga melakukan peninjauan ke Area Bandara Bali Utara di Desa Kubutambahan, Buleleng.

Ada empat langkah yang harus ditempuh pelaku usaha hingga produknya bisa diekspor, yakni persiapan administrasi, legalitas sebagai eksportir, persiapan produk ekspor, dan persiapan operasional.

Email: DharmaSastronegoro@G24.News
Editor: Lala Lala

banner 325x300