Olahraga

Raih Medali Emas SEA Games 2023, Hetifah Sjaifudian Apresiasi Kemenangan Timnas Sepakbola Indonesia

276
×

Raih Medali Emas SEA Games 2023, Hetifah Sjaifudian Apresiasi Kemenangan Timnas Sepakbola Indonesia

Share this article
Hetifah Sjaifudian
Hetifah Sjaifudian

G24NEWS.TV, JAKARTA — Anggota DPR RI Fraksi Golkar Hetifah Sjaifudian mengapresiasi keberhasilan Timnas Sepakbola Indonesia U22 yang meraih medali emas SEA Games 2023 di Kamboja.

Menang atas Thailand dengan skor 5-2, skuad Garuda Muda berhasil mengakhiri puasa emas SEA Games sejak 1991 dari cabang sepak bola.

Timnas Sepak Bola Indonesia juara SEA Games 2023
Timnas Sepak Bola Indonesia juara SEA Games 2023 (Foto by: Sekretariat Kabinet RI)

“Selamat untuk timnas Indonesia. Meski sedikit diiringi kericuhan pertandingan, Timnas U22 berhasil melepas dahaga gelar juara  SEA Games 2023 setelah 32 tahun berpuasa,” ucap Hetifah yang dilansir dari parlementaria (17/5).

Pelatih Timnas Indonesia U22 Indra Sjafri, juga mendapat apresiasi dari politisi Golkar tersebut.  Menurutnya, Indra Sjafri adalah kunci penting keberhasilan timnas Indonesia saat ini.

Pembinaan olahraga, lanjutnya, adalah hal penting sebab semua pertandingan adalah bentuk pembinaan berjenjang.  Pemain sepakbola U-22 itu diharapkan mendapat bekal penting untuk pertandingan selanjutnya.

Baca Juga  Timnas Indonesia Lolos ke Putaran 16 Besar Piala Asia 2023

Adapun pertandingan selanjutnya yang diikuti Timnas tahun ini adalah Kualifikasi Piala Asia U23, Kualifikasi Olimpiade 2024 dan Asian games 2022.

“Selain itu, dengan semakin tingginya jam terbang talenta-talenta U22 ini, saya optimis mereka akan memperkuat squad Timnas Indonesia Senior kelak,” tuturnya.

Terakhir, Hetifah berharap kemenangan Timnas Sepakbola Indonesia U22 itu menjadi momentum persepakbolaan nasional untuk bangkit dan menorehkan prestasi di kancah dunia.

Sekilas Pertandingan Final Indonesia vs Thailand di SEA Games 2023

Pertandingan final yang memperebutkan medali emas cabang sepak bola SEA Games 2023 semalam (16/5) berlangsung dengan tensi yang cukup panas sejak awal.

Tak cukup dengan waktu normal 90 menit karena skor imbang 2-2, pertandingan final Indonesia vs Thailand itu berlangsung hingga babak tambahan 2 x 15 menit.

Baca Juga  Hetifah Sjaifudian Apresiasi Dedikasi Tenaga Pendidikan dan Orang Tua

Kericuhan di bench sempat terjadi antara ofisial Indonesia dan Thailand, sehingga wasit Qasim Matar Ali Al Hatm mengganjar kartu merah.

Indonesia berhasil mencetak 5 gol, Ramadan Sananta mencetak 2 gol di menit ke-20, 40+4 dan Irfan Jauhari pada tambahan babak pertama. Sedangkan Fajar dan Beckham menyumbang skor pada tambahan babak kedua.

Pemain Timnas Sepak Bola Indonesia M Ramadan Sananta memegang cenderamata SEA Games Kamboja 2023
Pemain Timnas Sepak Bola Indonesia M Ramadan Sananta

Dua gol Thailand dicetak Anan pada menit ke-64 dan Yotsapon menit 90+8.

Sepanjang pertandingan final Indonesia vs Thailand di SEA Games 2023 itu, wasit pertandingan mengeluarkan 17 kartu. Rinciannya, 13 kartu kuning dan empat kartu merah kepada masing-masing pemain.

Pertandingan itu berjalan selama 120 menit dan Indonesia berhasil menjuarai SEA Games 2023 cabang sepak bola berkat tambahan tiga gol di masa perpanjangan waktu 2×15 menit.

 

 

 

banner 325x300