Nasional

4 Olahraga Unik dan Kurang Familiar di SEA Games 2023, Tapi Indonesia Sukses Meraih Emas

272
×

4 Olahraga Unik dan Kurang Familiar di SEA Games 2023, Tapi Indonesia Sukses Meraih Emas

Share this article
SEA Games Kamboja 2023
SEA Games Kamboja 2023

G24NEWS.TV, JAKARTA – SEA Games 2023 Kamboja tengah berlangsung dan akan mempertandingkan 37 cabang olahraga dan permainan. Namun, apakah anda familiar dengan semua cabang olahraga tersebut?

SEA Games Kamboja 2023 berlangsung pada 5-17 Mei 2023 dan diikuti oleh 11 negara ASEAN, termasuk Indonesia, dan akan mempertandingkan 37 cabang olahraga.

Lebih spesialnya, ada beberapa cabang olahraga yang kurang familiar di kuping masyarakat Indonesia.

Meski begitu, skuad Timnas Merah Putih tetap sukses meraih medali emas di beberapa ajang cabang olahraga ini.

Tercatat ada empat cabor yang sangat tidak familiar meski sudah pernah dipertandingkan di beberapa edisi SEA Games sebelumnya, seperti vovinam, kun khmer, petanque, dan kun bokator. Dilansir dari Bola.com pada Senin (8/5/2023). Simak yuk!

Kun Bokator

Cabang olahraga Kun Bokator
Cabang olahraga Kun Bokator

Kun Bokator, atau yang lebih sering disebut sebagai Bokator, diklaim salah satu seni bela diri tradisional yang sejak dulu digunakan oleh para militer kuno Khmer, yang merupakan asal usul dari negara Kamboja. Bahkan lebih hebatnya lagi olahraga ini masuk dalam Daftar Warisan Budaya dari UNESCO.

Olahraga bela diri ini memang berasal dari Kamboja. Cirinya adalah pertarungan jarak dekat menggunakan tangan kosong, dengan titik serangan menggunakan sikut, lutut, dan tendangan keras ke arah tulang kering. Akan tetapi, ada juga pertarungan jarak dekat dengan menggunakan senjata berat.

Baca Juga  Timnas Indonesia Akui Keunggulan Argentina Skor 2-0

Pada SEA Games 2023 di Kamboja, Kun Bokator mempertandingkan sekitar 21 nomor berbeda, baik putra dan putri. Indonesia bahkan berhasil keluar menjadi pemenang dan sukses meraih medali emas di cabang olahraga tradisional Kamboja ini.

Kun Khmer

Satu lagi olahraga asli dari Kamboja yang mulai dipertandingkan di SEA Games 2023, yaitu kun khmer, yang juga dikenal dengan pradal serey atau ‘tarung bebas’ dan ‘tinju bebas’. Olahraga ini dikenal dengan teknik tendangannya, yang menghasilkan tenaga dari putaran pinggul.

Mekanisme penilaian dalam olahraga ini pada umumnya sama seperti tinju, tergantung kepada serangan dan pertarungan berdiri untuk menjatuhkan lawannya, dengan penilaian Knockout atau poin menjadi hasil akhir perhitungannya. Ada empat serangan dalam olahraga ini, yakni pukulan, tendangan, serangan sikut, dan juga serangan lutut.

Melihat kemiripan dengan olahraga tinju, Kun Khmer dipertandingkan di SEA Games 2023 berdasarkan batasan berat badan atlet, dimana ada 19 nomor yang akan dipertandingkan.

Vovinam

Cabang Olahraga Vovinam
Cabang Olahraga Vovinam

Vovinam adalah bela diri yang berasal dari Vietnam. Cabang olahraga ini juga sudah beberapa kali digelar di SEA Games maupun Asian Games sebelumnya. Saat awal dipertandingkan di SEA Games 2023, Vovinam juga sempat dipertandingkan di SEA Games 2011 di Indonesia, 2013 di Myanmar, dan juga 2021 di Vietnam.

Baca Juga  Ini Skuad Indonesia untuk Piala AFF 2022

Menengok saat pertama kali digelar di SEA Games pada 2011 di Jakarta dan Palembang, bukan hal yang aneh jika atlet Indonesia berhasil membawa pulang medali emas dari cabang olahraga ini di SEA Games 2023.

Seni bela diri ini juga menekankan penggunaan serangan lewat sikut, tendangan, dan gerakan gulat. Ada pula beberapa senjata yang bisa digunakan, seperti pedang, pisau, pahat, cakar, ataupun kipas. Tujuannya untuk melatih kontrol yang lebih optimal untuk tubuh dan juga pikiran.

Pentaque

Cabang olahraga ini sebenarnya sudah masuk di SEA Games sejak 2001 lalu. Namun, namanya tetap terdengar unik karena bukan permainan yang umum dimainkan di Indonesia. Bahkan di SEA Games 2023 ini, tidak ada perwakilan Indonesia yang ambil bagian di cabang olahraga ini.

Pentaque sendiri berasal dari Prancis, dimainkan dengan cara melempar bola ke arah bola target yang disebut jack. Hasil pemenang dari olahraga ini dinilai dari siapa pelempar bola terjauh yang hasilnya lebih dekat dari jack.

banner 325x300