Internasional

Puteri Komarudin Ungkap Pentingnya Pendidikan Merata dan Berkualitas

204
×

Puteri Komarudin Ungkap Pentingnya Pendidikan Merata dan Berkualitas

Share this article
Ilustrasi pendidikan tinggi
Ilustrasi pendidikan tinggi

G24NEWS.TV, JAKARTA — Puteri Komarudin menegaskan pentingnya pendidikan yang berkualitas dan merata bagi pemenuhan kebutuhan pasar tenaga kerja di masa depan.

Anggota DPR RI Fraksi Golkar itu mengatakan bahwa pasar tenaga kerja di masa depan akan beralih ke sektor teknologi, otomasi hingga ekonomi hijau.

Oleh karena itu, ia mengingatkan peran perguruan tinggi untuk mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas.

“Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri. Apalagi, kita juga akan dihadapkan dengan fenomena bonus demografi yang apabila tidak dibarengi dengan pemenuhan kompetensi yang sesuai dikhawatirkan akan menimbulkan bencana sosial di masa depan,” urai Puteri dalam kegiatan BKSAP DAY, Senin (4/9).

Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Komarudin saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat Komisi XI DPR RI dengan LKPP, di Jakarta, Rabu (21/6/2023). Foto: DPR RI
Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Komarudin saat mengikuti Rapat Dengar Pendapat Komisi XI DPR RI dengan LKPP, di Jakarta, Rabu (21/6/2023). Foto: DPR RI

Riset yang dilakukan McKinsey dan World Bank, ungkapnya, menyatakan bahwa sekitar 30 persen lapangan kerja saat ini akan tergantikan mesin.

Baca Juga  [VIDEO] Maman Abdurrahman: Hilirisasi Tambang Perlu Antisipasi Munculnya Pengangguran

Ia menambahkan bahwa riset tersebut juga mengungkapkan sekitar 375 juta pekerja di seluruh dunia akan terdampak dari perkembangan kecerdasan artifisial.

“Untuk itu, saya mengajak perguruan tinggi untuk bisa membantu dalam mencetak lulusan yang kompeten, cakap, dan adaptif. Termasuk mengasah kemampuan berpikir kritis, memecahkan persoalan kompleks, kreatif dan inovatif, kepemimpinan, hingga manajemen diri supaya menghasilkan lulusan yang siap dalam menghadapi tantangan global tersebut,” tambah Puteri.

Parlemen Dorong Peningkatan Kualitas SDM lewat Pendidikan

Puteri Komarudin mengatakan bahwa parlemen terus mendorong peningkatan sumber daya manusia berkualitas melalui pendidikan.

“Kami di DPR RI terus konsisten mengalokasikan anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari APBN yang kini setara Rp608,3 triliun, yang diantaranya untuk pemerataan beasiswa, peningkatan kompetensi guru, peningkatan kualitas sarana prasarana, hingga penguatan link and match dengan pasar tenaga kerja,” kata Puteri.

Baca Juga  Gempa Guncang Maroko, 2.012 Orang Meninggal Dunia

Harapannya, anggaran pendidikan dapat mereduksi jurang ketimpangan pendidikan yang terjadi di kota besar dan daerah. Hal itu, lanjutnya, bisa mencegah fenomena brain drain. 

Tak hanya itu, Komisi XI juga mendukung program pendidikan melalui program besiswa penelitian, salah satunya bermitra dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Ilustrasi lulusan LPDP
Ilustrasi lulusan LPDP

“Sekarang, dana abadi pendidikan yang dikelola LPDP sudah mencapai Rp139 triliun. Jumlah ini meningkat pesat dibandingkan tahun 2015 lalu yang masih kisaran Rp15 triliun saja. Peningkatan ini tentu harus dibarengi dengan kualitas dalam mencetak SDM yang berkualitas dan berkarya untuk kemajuan bangsa,” pungkasnya.

banner 325x300