DaerahEkonomiHeadline

Purwakarta Kembangkan Sektor Potensial, Siapkan Diri jadi Raksasa Investasi Jabar

238
×

Purwakarta Kembangkan Sektor Potensial, Siapkan Diri jadi Raksasa Investasi Jabar

Share this article
Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor potensial tujuan investasi di Purwakarta
Sektor wisata di Purwakarta (Foto by: Dinas Kepemudaan Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Purwakarta)

G24NEWS.TV, JAKARTA — Pengembangan sektor-sektor potensial bagi investasi tengah disiapkan secara matang oleh Kabupaten Purwakarta seperti sektor pariwisata.

Hal itu dilakukan jajaran Pemerintah Kabupaten Purwakarta sebagai langkah memantapkan diri sebagai tiga raksasa tujuan investasi di Jawa Barat.

Pasalnya, nilai investasi di Purwakarta mencapai Rp8,99 Triliun di semester pertama periode 2023 yakni Januari-Juni.

Capaian itu menempatkan Purwakarta berada di posisi ketiga setelah Kabupaten Bekasi dengan nilai 26,47 triliun. Sementara Kabupaten Karawang mencapai nilai investasi Rp 22,36 triliun.

Ilustrasi grafik investasi (foto by: Pixabay)
Ilustrasi grafik investasi (foto by: Pixabay)

Capaian nilai investasi itu diraih berkat kerja keras banyak pihak dalam menciptakan iklim investasi yang kondusif dan menguntungkan.

“Ini prestasi yang sangat membanggakan. Ini hasil kerja keras banyak pihak, mulai dari semua jajaran Pemkab Purwakarta, kalangan dunia usaha, serta para pemangku kepentingan lainnya. Keberhasilan ini menjadi energi besar agar kita bisa melangkah lebih maju lagi,” kata Bupati Anne Ratna Mustika dilansir dari laman resmi Kabupaten Purwakarta.

Baca Juga  Dukung Pencegahan Stunting, Kabupaten Purwakarta Panen Ribuan Ton Padi Nutri Zinc

Bupati perempuan pertama di Purwakarta itu mengapresiasi kinerja TNI-Polri yang turut berperan menjaga keamanan daerah sehingga menciptakan stabilitas daerah yang menjadi syarat mutlak masuknya investasi.

Sektor Tujuan Investasi di Purwakarta

Ada lima sektor tujuan investasi di Purwakarta dengan nilai investasi tertinggi sebesar Rp 3,18 triliun yakni sektor trasportasi, pergudangan dan telekomunikasi.

Sementara sektor lainnya yakni perumahan, kawasan industri dan perkantoran (Rp 1,84 triliun), sektor industri kimia dan farmasi (Rp 1,18 triliun), sektor industri tekstil (Rp 687 miliar). Terakhir adalah sektor listrik, gas dan air dengan nilai investasi Rp 559,3 miliar.

Baca Juga  Airlangga Pamer Keberhasilan Program Prakerja di Depan IMF dan Bank Dunia

Selain lima sektor utama, Pemerintah Kabupaten Purwakarta juga menyiapkan sektor-sektor potensial lainnya untuk dikembangkan secara matang. Hal itu dilakukan agar dapat menarik daya investasi.

Sektor potensial itu seperti pertanian dan perkebunan, pariwisata dan industri ekonomi kreatif.

Festival Manggis 2023 di Kabupaten Purwakarta (Foto by: Ist @anneratna82)
Festival Manggis 2023 di Kabupaten Purwakarta (Foto by: Ist @anneratna82)

“Masih banyak sektor lain yang bisa kita kembangkan sebagai daya tarik investasi, seperti sektor pertanian dan perkebunan, sektor pariwisata dan  sektor industri ekonomi kreatif,” kata Sekda Purwakarta Norma Nugraha.

Norman menuturkan bahwa persiapan akan dilakukan dengan baik. Harapannya, Purwakarta dapat menjadi kekuatan utama investasi daerah bahkan nasional.

banner 325x300