Ekonomi

Prabowo Jadikan Pembangunan Desa Sebagai Strategi Utama Pembangunan Nasional

147
×

Prabowo Jadikan Pembangunan Desa Sebagai Strategi Utama Pembangunan Nasional

Share this article
Capres RI periode 2024-2029 Prabowo Subianto. Foto: ist
Capres RI periode 2024-2029 Prabowo Subianto. Foto: ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Membangun dari desa menjadi strategi utama dalam pembangunan nasional, sehingga program Pemerintah untuk pembangunan desa dan kelurahan yang sudah dilaksanakan harus dilanjutkan dan ditingkatkan.

“Membangun dari desa sekaligus akan dapat memberantas kemiskinan, serta peningkatan Indeks Pembangunan Manusia,” jelas Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani, dalam keterangannya, Selasa (21/11/2023).

Untuk mendukung pembangunan dari desa, jelasnya, Prabowo-Gibran akan melanjutkan pembangunan infrastruktur desa dan kelurahan dan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

“Prabowo-Gibran akan menyalurkan dana desa secara langsung dan dana kelurahan. Ditargetkan untuk dapat merenovasi atau menjamin pembangunan rumah sebanyak 25 rumah per desa per tahun (dua juta rumah),” jelasnya.

Baca Juga  Budiman Sudjatmiko Berharap Maruarar Sirait Gabung ke TKN Prabowo-Gibran

Selain itu, akan dijamin penyediakan rumah murah bersanitasi baik untuk yang membutuhkan, terutama generasi milenial, generasi Z dan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)

“Maka dari itu, negara harus melanjutkan program tersebut dan ditingkatkan menjadi perlindungan sosial sepanjang hayat dengan target angka kemiskinan di bawah 5 persen,” jelas Rosan.

Perbaikan Jalan Desa

Capres Koalisi Indonesia Maju paparnya, lagi akan melanjutkan dan memperluas pembangunan jalur irigasi dan bendungan untuk air baku, pencegahan banjir dan irigasi.

“Membangun dan memperbaiki jalan daerah yang tidak mampu ditangani oleh pemerintah daerah”.

Baca Juga  Pemprov DKI Distribusikan Beras Premium 15 Juta Kg ke Ritel Modern

“Membangun infrastruktur digital dan teknologi secara merata di kabupaten/kota di Indonesia, sehingga tidak ada desa yang tidak terakses internet atau internet sinyal lemah”.

Untuk mendukung distribusi komoditas yang diproduksi masyarakat pedesaan, serta memperlancar pasokan kebutuhan di desa, Rosan mengatakan pihaknya akan mengembangkan pelabuhan simpul transhipment sebagai
infrastruktur terhubung dengan simpul logistik.

Termasuk menjamin pembangunan rumah murah dengan sanitasi baik. Dari sisi basis ekonomi, akan dikembangkan sesuai dengan potensi alam dan minat masyarakat di masing-masing desa.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300