Nasional

Pendaftaran Calon ASN 2023 Ditutup, Pelamar Lebih Dari 2,4 Juta Orang

169
×

Pendaftaran Calon ASN 2023 Ditutup, Pelamar Lebih Dari 2,4 Juta Orang

Share this article
Ilustrasi IPDN. Foto: Ist
Ilustrasi IPDN. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Pemerintah telah menutup pendaftaran atau seleksi administrasi calon ASN yang terdiri dari formasi CPNS dan PPPK  sejak kemarin, Rabu, 11 Oktober 2023 Pukul 23.59 WIB.

Total pelamar yang telah mengajukan dokumen pendaftaran di portal SSCASN BKN mencapai 2.409.882 orang setelah pendaftaran berakhir.

Calon ASN terdiri dari formasi CPNS sebanyak 945.404, pelamar formasi PPPK terdiri atas pelamar PPPK Guru sebanyak 439.020 orang.

Pelamar PPPK Tenaga Kesehatan sebanyak 388.145; dan pelamar PPPK Tenaga Teknis sebanyak 637.313 orang.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen menyebutkan bahwa perpanjangan waktu pendaftaran selama dua hari memberi kesempatan lebih banyak kepada pelamar untuk tahapan submit dan resume.

Baca Juga  Ceu Popong: Wakil Rakyat Harus Sayang Kepada Masyarakat 

“Pelamar yang telah berhasil menyelesaikan pendaftaran mulai hari ini sudah bisa mencetak kartu pendaftaran di portal SSCASN,” jelasnya, dalam keterangan tertulis, Kamis (12/10/2023).

Tunggu Hasil Seleksi Administrasi

Selanjutnya, pelamar tinggal menunggu hasil seleksi administrasi karena verifikasi dari masing-masing instansi sudah berjalan paralel sejak pendaftaran dibuka.

Merujuk pada penyesuaian jadwal seleksi CASN 2023 tanggal 09 Oktober, pengumuman hasil seleksi administrasi akan berlangsung mulai 15 Oktober 2023.

Hasil administrasi juga akan diikuti dengan masa sanggah dan jawab sanggah yang akan berlangsung hingga 23 Oktober.

Baca Juga  Ahmad Doli Kurnia Tegaskan RUU ASN Segera Disahkan

Terkait masa sanggah, pelamar akan diberikan kesempatan menyanggah selama 3 (tiga) hari dan akan dijawab oleh masing-masing verifikator instansi melalui portal.

“Perlu diketahui juga kalau masa sanggah bukan kesempatan memperbaiki berkas atau data yang salah diinput oleh pelamar, tetapi kesempatan untuk menyatakan bahwa data yang diinput sudah benar tetapi ada yang terlewat oleh verifikator instansi mengingat banyaknya pelamar yang mendaftar,” imbuh Suharmen.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

banner 325x300