OlahragaPolitik

Partai Golkar Siapkan Menpora Baru: Muda, Potensial dan Sanggup Bekerja, Siapa Dia? 

276
×

Partai Golkar Siapkan Menpora Baru: Muda, Potensial dan Sanggup Bekerja, Siapa Dia? 

Share this article
Menteri Pemuda dan Olah Raga Zainudin Amali
Menteri Pemuda dan Olah Raga Zainudin Amali

G24NEWS.TV, JAKARTA — Zainudin Amali telah menyampaikan permohonan izin pengunduran dirinya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga pada Presiden Joko Widodo. Penggantinya masih menjadi teka-teki, tapi yang jelas posisi Menpora seperti sudah menjadi jatah Partai Golkar.  

Zainudin Amali sendiri merupakan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Golkar pada Pemilu 2024. Kini Zainudin didampingi oleh Ridwan Kamil sebagai co-chair Bappilu. 

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Nurul Arifin mengatakan partainya tentu menyiapkan kader terbaik untuk menggantikan posisi Zainudin Amali sebagai Menpora. 

Menurut dia, Partai Golkar akan mengajukan sosok dengan ciri-ciri seseorang berusia muda dan mampu bekerja sesuai harapan.

“Anak muda potensia dan sanggup bekerja. Selain itu fokus dan sesuai harapan,” ujar Nurul dikutip dari Kompas, Senin (27/2). 

Kader Golkar itu, menurut Nurul sudah memahami karakter serta tantangan yang akan dihadapi oleh kementerian pemuda dan olahraga. Termasuk mempersiapkan tim SEA Games 2023 Indonesia yang akan digelar di Kamboja Mei mendatang. 

Presiden Jokowi sendiri mengatakan baru akan mencari ganti Menpora setelah ada pengajuan pengunduran diri secara resmi dari Zainudin Amali.  

Pakar politik Khoirul Umam mengatakan, sebaiknya memang Partai Golkar mengajukan Menpora baru yang masih mempunyai karakter muda. 

“Memang sebaiknya diisi kader Golkar yang lebih menunjukkan karakter anak muda,” ujar Umam. 

Siapa Saja Kader Golkar yang Cocok Jadi Menpora Selanjutnya?

Pengisian jabatan menteri merupakan hak prerogatif presiden. Namun Partai Golkar memiliki banyak kader yang berkualitas dan mumpuni untuk menggantikan posisi Zainudin Amali sebagai Menpora. Berikut ini kader-kader muda Partai Golkar yang cocok dan punya kemampuan jadi menteri kabinet Presiden Jokowi.

Baca Juga  Prabowo Ajak Umat Islam Tidak Mudah Terprovokasi

Tubagus Ace Hasan Syadzily

Ace Hasan Syadzily, Ketua Dewan Pengurus Golkar Institute
Ace Hasan Syadzily, Ketua Dewan Pengurus Golkar Institute,

Tb. Ace Hasan Syadzily atau kerap disapa Kang Ace adalah Ketua DPD Golkar Jawa Barat. Dia dikenal sebagai politisi muda Partai Golkar yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR.  

Menurut Khoirul Umam, Ace adalah salah satu kader Partai Golkar yang layak menjadi Menpora. Selain mumpuni, Ace juga punya peran cukup signifikan di internal partai.  “Politisi yang masih tergolong muda dan punya kapasitas intelektual memadai, salah satunya Ace Hasan Sazili,” ujar dia. 

Ace menurut Umam adalah aktor penting di balik bergabungnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ke Golkar. “Penting bagi Partai Golkar untuk meletakkan Ace sebagai Menpora bisa menjadi pilihan untuk mengoptimalkan langkah itu setahun ke depan menuju Pemilu 2024 mendatang,” ujar dia.

Rekam jejak Kang Ace dalam dunia politik cukup mumpuni.  Ia merupakan Ketua Dewan Pengurus Golkar Institute yang merupakan sekolah kepemimpinan dan kebijakan publik milik Partai Golkar.

Erwin Aksa

Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis Erwin Aksa
Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bidang Penggalangan Strategis Erwin Aksa. (Foto G24NEWS)

Erwin Aksa adalah salah satu politisi muda Partai Golkar sekaligus pengusaha sukses dari Indonesia Timur. Dia pernah menjabat sebagai Ketua Umum Badan Pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Periode 2008-2011.

Dukungan bagi Erwin untuk menjadi Menpora datang dari politikus Partai Golkar Sulawesi Selatan Fadli Noor. Menurut dia, sosok Erwin cocok menjadi menpora karena dia mempunyai sejumlah pengalaman di bidang olahraga dan pemuda.

Baca Juga  Airlangga Hartarto Yakin Prabowo-Gibran Galang Suara Lebih Dari 50% di Jabar

Erwin adalah mantan ketua umum Hipmi, pengurus pusat Angkatan Muda Pembaharuan Partai Golkar (AMPG). Di bidang olahraga, Erwin pernah mengurus klub sepakbola PSM Makassar pada usia yang cukup muda dan mampu membawa klub tersebut berprestasi. Selain itu Erwin juga pernah menjadi Ketua Pertina Sulsel dan pernah menjadi pengurus Persatuan Penembak Indonesia (Perbakin). 

“Semua latar belakang itu membuat Erwin Aksa sangat pas untuk merumuskan dan mengawal kebijakan kepemudaan saat ini agar saat bonus demografi nanti kita berlimpah SDM produktif untuk membawa Indonesia lebih baik,” ujar dia. 

Puteri Komarudin

Puteri komarudin
Puteri Komarudin

Partai Golkar juga memiliki kader perempuan yang mumpuni untuk menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga. Puteri Komarudin merupakan salah satu kader perempuan Partai Golkar yang saat ini duduk di Komisi XI DPR RI yang membidangi masalah keuangan dan perbankan.

Ilham Permana

Ketua Umum PP AMPG Ilham Permana
Ketua Umum PP AMPG, Ilham Permana (Foto: Instagram: ilhampermana_official)

Ilham Permana adalah kader muda Golkar yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG). Nama Ilham Permana muncul sebagai kandidat Menpora RI pasca diserahkannya tiga nama kandidat ke Istana. Ia punya berbagai pengalaman di organisasi olahraga.

Namanya bahkan tercatat dalam SK Kepengurusan DPP Golkar sebagai Ketua Bidang Olahraga dan Pemuda Dewan Pimpinan Pusat (DPP) masa bhakti 2019-2024.

 

banner 325x300