Politik

Partai Golkar Calonkan Yohanis Bassang Jadi Bupati Toraja Utara Periode II

206
×

Partai Golkar Calonkan Yohanis Bassang Jadi Bupati Toraja Utara Periode II

Share this article
Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang. Foto: Ist
Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Partai Golkar sudah memiliki figur yang akan diusung pada Pilkada Toraja Utara dan Tana Toraja tahun 2024 mendatang.

Nama-nama tokoh ini terdapat dalam surat dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar yang beredar luas di grup-grup Whatsapp (WA) sejak Jumat (17/11/2023) malam.

Surat tersebut bernomor: Sund-308/Golkar/XI/2023 tertanggal 16 November 2023. Nama surat ini tertera nama-nama tokoh yang akan diusung pada Pilkada 2024 nanti di 24 kabupaten/kota se Sulsel, termasuk nama yang akan diusung pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024.

Surat ini ditandatangani Wakil Ketua Umum (Waketum) Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Golkar, Lodewijk F Faulus.

Tercatat ada 35 daftar nama yang diperhitungkan Golkar untuk jadi bakal calon kepala daerah di Pilkada 2024.

Di Toraja Utara, Partai Golkar kembali akan mengusung Yohanis Bassang. Saat ini, Yohanis Bassang adalah Bupati Toraja Utara dan juga Ketua DPD II Partai Golkar Torut.

Baca Juga  Golkar-PKB Bahas Simulasi Capres-Cawapres Pemilu 2024

Pada Pilkada lalu, Yohanis Bassang perpasangan dengan Frederick Victor Palimbing dari Partai Gerindra.

Dalam beberapa kesempatan, Ombas-sapaan akrab bupati Torut, ini meminta kepada masyarakat Toraja Utara untuk terus mendukungnya di periode kedua.

Sementara itu, di Tana Toraja ada dua nama yang mencuat yaitu John Rende Mangontan (JRM) dan Victor Datuan Batara (VDB). Keduanya menjadi jagoan meneruskan kepemimpinan Theofilus Allorerung yang telah dua periode menjadi Bupati Tana Toraja.

JRM saat ini merupakan anggota DPRD Sulsel dari Fraksi Partai Golkar. Pada Pemilu 2024, JRM memutuskan tidak lagi mendaftar calon legislatif. Ia menegaskan akan pulang kampung untuk maju pada Pilkada.

Baca Juga  Prabowo Serahkan Kasus Penembakan Relawan Pendukungnya Kepada Kepolisian

Ketua Bappilu Partai Golkar

Ketua Bappilu Partai Golkar untuk Wilayah Toraja ini telah menyebar baliho dan sejumlah reklame yang mengisyaratkan untuk bertarung di Pilkada Tana Toraja 2024.

John Rende Mangontan menjelaskan bahwa Partai Golkar memiliki mekanisme evaluasi dalam menentukan keputusan. Ia mengaku akan menerima keputusan dari partai tentang siapa nantinya akan yang diusung.

”Ini kepercayaan partai dan amanah. Tentu nanti akan ada evaluasi terhadap kerja-kerja politik dalam menghadapi Pemilu 2024. Sebagai kader, kita siap dalam tugas yang diamanahkan partai ” katanya, Sabtu (18/11/2023).

Adapun Victor Datuan Batara alias VDB adalah Ketua DPD II Paetai Golkar Tana Toraja. Beberapa waktu lalu, ia mengatakan kepada Tribun Toraja akan kembali bertarung di Pilkada. (TribunToraja)

Email: Nyomanadikusuma@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300