Politik

Pakar Politik: Ace Hasan Berperan Penting Menangkan Golkar di Jabar di Pemilu 2024

67
×

Pakar Politik: Ace Hasan Berperan Penting Menangkan Golkar di Jabar di Pemilu 2024

Share this article
Ketua DPP Bidang Kerohanian Partai Golkar, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat sekaligus Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily. Foto: Ist
Ketua DPP Bidang Kerohanian Partai Golkar, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat sekaligus Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Pakar politik dari Universitas Padjajaran Bandung Asep Sumaryana menilai, Ace Hasan berperan penting untuk menangkan Partai Golkar di Jawa Barat (Jabar) pada Pemilu 2024.

“Sosok Ace itu cukup sentral. Dalam artian selalu mengingatkan para kader dan simpatisan. Lalu, penjiwaan terhadap seluruh elemen cukup bagus,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (7/3/2024).

Selain itu kata dia, kemenangan Golkar di Jabar tidak lepas dari kepiawaian Ace selaku ketua DPD Golkar Jawa Barat. Ace dianggap mampu merawat kalangan pemilih tradisional, sehingga menjadi pemilih loyalis partai Golkar.

Menurut dia, selain karena kerja keras pimpinan, para kader, dan simpatisan partai, kemenangan Golkar di Jawa Barat tidak lepas dari pengalaman Golkar dalam berkiprah di dunia politik.

Baca Juga  Idris Laena: Satkar Ulama Indonesia Tolak Keras Wacana Munaslub Golkar

“Golkar juga mempertahankan suara hasil peninggalan terdahulu,” ujarnya, seperti dilansir dari Antara.

Lanjut dia, trend pemilih yang juga berperan, dimana saat ini pemilih pemula yang cukup besar menjadi faktor yang digarap intensif oleh elemen Golkar dengan cara-cara yang relevan dengan selera dan minat para pemilih tersebut.

Sebelumnya, Ketua DPD Golkar Jabar Tubagus Ace Hasan Syadzily mengklaim telah menjadi pemenang dalam Pemilu 2024. Dia menyatakan berhasil mengamankan 18 kursi DPR RI dari daerah pemilih (Dapil) Jawa Barat.

Baca Juga  Capres Prabowo Kampanye Perdana Hari Ini di Jawa Barat

Kata dia, laporan di internal Golkar, caleg Golkar di Jabar yang melenggang ke Senayan bertambah. Dari perolehan kursi di Pemilu 2019 sebanyak 14 kursi, pada Pemilu 2024 bertambah jadi 18 kursi.

Kenaikan perolehan kursi juga didapat di DPRD Provinsi. Ace menuturkan, Golkar pada Pemilu 2024 ini berhasil mengamankan 20 kursi untuk DPRD Jawa Barat. Jumlah itu bertambah 4 kursi dari sebelumnya 16 kursi. Lanjut dia, di tahun 2019 Golkar untuk DPRD kabupaten/kota mendapat 194 kursi, dan Pemilu 2024 menjadi 211 kursi.

Email: Dharmasastronegoro@G24 News
Editor: Lala Lala

banner 325x300