Kesehatan

Mau Sehat dengan Makanan Lezat? Ini 8 Tipsnya!

235
×

Mau Sehat dengan Makanan Lezat? Ini 8 Tipsnya!

Share this article
Ilustrasi Makanan Sehat/Photo by alleksana: https://www.pexels.com/photo/photo-of-poached-egg-on-top-of-asparagus-4050990/
Makanan Sehat

G24NEWS.TV, JAKARTA – Siapa bilang hidup sehat harus membosankan dan tidak enak? Nah, ini dia beberapa tips hidup sehat dengan makanan yang gak kalah nikmat. Siap-siap ya!

  1. Makan Sayur!

Sayuran adalah kunci utama dalam gaya hidup sehat. Mengonsumsi serat, vitamin, dan mineral dari sayuran akan membuat kamu lebih sehat. Mulailah memasukkan sayur ke dalam hidanganmu. Coba variasikan sayuran dengan cara yang kreatif, seperti membuat sajian salad yang segar, tumis sayuran dengan sedikit minyak zaitun, atau bahkan membuat hidangan sayuran panggang yang menggugah selera. Jadi, yuk mulai makan sayur!

2. Pilih Sumber Protein yang Sehat

Protein juga penting untuk kesehatan kita. Sumber protein yang sehat seperti daging tanpa lemak, ikan, ayam tanpa kulit, atau tahu dan tempe akan memenuhi kebutuhan protein nabati kita. Untuk menjaga protein yang ada dalam daging, jangan terlalu sering menggoreng atau memanggang masakanmu. Cobalah teknik merebus atau mengukus. Protein yang cuku akan membantu perbaikan sel tubuhmu dan memberikan energi yang dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari.

  1. Hindari Makanan Olahan

Makanan olahan memang praktis, tapi sebaiknya mulai kurang-kurangin. Makanan olahan tuh kayak apa, sih? Contohnya, nugget, sereal, minuman kotak, makanan kaleng. Nah, makan seperti itu punya bahan kimia dan pengawet lebih banyak kalau dibandingkan dengan bahan-baham alami. Memasaklah menggunakan bahan-bahan segar supaya tetap sehat.

  1. Pilih Sumber Karbohidrat yang Baik

Karbohidrat adalah sumber energi penting bagi tubuhmu. Namun karbohidrat olahan seperti nasi atau roti cenderung muda dicerna dan meningkatkan gula darah dengan cepat, sehingga kamu bisa cepat lapar dan mau makan lagi dan lagi. Solusinya gimana ya? Pilihlah sumber karbohidrat yang baik, seperti nasi merah, roti gandum, pasta gandum, atau kentang rebus. Karbohidrat kompleks seperti itu memberikan energi secara bertahap dan membuatmu kenyang lebih lama. 

  1. Bermain dengan Rasa

Kamu mau tahu gak cara menikmati makanan tanpa mengurangi tingkat kesehatannya? Dengan berekplorasi bumbu dan rempah yang bervariasi! Coba variasikan rasa makananmu dengan tambahan bumbu seperti bawang putih, jahe, merica, atau rempah-rempah lainnya. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan hidangan yang lezat tanpa harus pakai garam atau gula berlebih. Memang sebuah perjuangan sih kalau lidah kita kurang cocok dengan bumbu seperti itu, tapi percayalah, kalau kamu dapat menikmatinya, kamu akan dapat kesehatan yang baik juga.

  1. Say No to Minuman Manis

Pasti kita semua tahu, kalau minuman kayak soda mengandung gula berlebih yang tidak baik untuk kesehatanmu. Hindarilah minuman berkalori tinggi ini dan pilihlah air putih sebagai minuman utama. Kamu juga bisa coba infused water atau teh untuk mencoba minuman yang wangi.

  1. Pantau Porsi Makan

Perhatikanlah sinyal kenyang dari tubuhmu dan hentikan makan saat sudah merasa cukup. Kalau kalori masuk terlalu banyak, gula dalam tubuhmu akan meningkat.

  1. Move!

Gaya hidup sehat gak cuma tentang makanan sehat, tapi juga bergerak dan beraktivitas. Coba untuk rutin berolahraga seperti berjalan kaki, bersepeda, atau berenang. Bergerak membantu membakar kalori, meningkatkan metabolisme, dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Baca Juga  Kamu Doyan Jagung? Ini 7 Manfaat Penting Jagung

Nah, itu dia delapan tips seru untuk jadi lebih sehat dengan makanan enak, guys! Ingatlah bahwa hidup sehat bukan tentang pembatasan, tapi tentang memilih makanan yang baik untuk tubuhmu dengan tetap menikmati prosesnya. Stay healthy and happy!

banner 325x300