Kesehatan

Kamu Doyan Jagung? Ini 7 Manfaat Penting Jagung

213
×

Kamu Doyan Jagung? Ini 7 Manfaat Penting Jagung

Share this article
jagung
Ilustrasi jagung/Photo by mali maeder: https://www.pexels.com/photo/yellow-corn-547263/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Jagung, salah satu makanan pokok di banyak budaya di seluruh dunia, adalah sumber nutrisi yang kaya dan memiliki beragam manfaat bagi kesehatan kita. Artikel ini akan menjelaskan manfaat jagung yang penting untuk tubuh kita.

  1. Sumber Energi

Jagung adalah sumber karbohidrat yang baik. Karbohidrat adalah nutrisi yang memberikan energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Jagung mengandung pati kompleks yang memberikan energi bertahap, membuat kita merasa kenyang lebih lama.

  1. Kaya Serat

Jagung mengandung serat makanan yang tinggi, terutama di dalam bijinya. Serat membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mencegah sembelit, dan mengurangi risiko penyakit usus.

  1. Sumber Antioksidan

Jagung mengandung antioksidan penting seperti lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini dapat melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan mengurangi risiko penyakit mata degeneratif.

  1. Kandungan Vitamin dan Mineral

Jagung mengandung berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin B, vitamin C, dan magnesium. Vitamin B penting untuk metabolisme, vitamin C mendukung sistem kekebalan tubuh, dan magnesium baik untuk kesehatan jantung.

  1. Mengandung Asam Folat

Asam folat, atau vitamin B9, sangat penting bagi wanita hamil karena membantu mencegah kelainan pada janin. Jagung adalah sumber yang baik untuk mendapatkan asam folat ini.

  1. Mendukung Kesehatan Jantung

Jagung mengandung lemak sehat, seperti asam lemak omega-3. Lemak sehat ini membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kolesterol tinggi.

  1. Menurunkan Risiko Kanker

Antioksidan yang ditemukan dalam jagung juga dapat membantu mengurangi risiko kanker. Mereka melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan perkembangan kanker.

banner 325x300
Baca Juga  Mengupas Dampak Menari pada Kesehatan dan Kesejahteraan