Lifestyle

Kamu Doyan Durian si Raja Buah-buahan? Ini Dia Beberapa Fakta tentang Durian

162
×

Kamu Doyan Durian si Raja Buah-buahan? Ini Dia Beberapa Fakta tentang Durian

Share this article
Durian
Ilustrasi Durian/Photo by HONG SON: https://www.pexels.com/photo/slice-of-sweet-durian-fruit-with-barbed-peel-4487992/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Durian adalah buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Buah ini terkenal dengan aroma yang kuat dan rasa yang unik, yang digambarkan sebagai kombinasi rasa manis, gurih, dan krim. Meskipun baunya yang menyengat, durian adalah buah yang populer di banyak negara, termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi sejarah, manfaat kesehatan, dan penggunaan kuliner durian.

Sejarah Durian

Durian telah dibudidayakan di Asia Tenggara selama berabad-abad. Buah ini diyakini berasal dari Borneo dan Sumatra, dan kemudian diperkenalkan ke bagian lain dari wilayah tersebut. Buah ini pertama kali dijelaskan oleh penjelajah Portugis Gaspar Correia pada abad ke-16, yang menyebutnya “raja buah-buahan”. Sejak itu, durian menjadi buah yang dicintai di banyak negara, dan sering digunakan dalam pengobatan dan masakan tradisional.

Baca Juga  Jejak Asal Usul Madu dalam Konsumsi Manusia

Manfaat Kesehatan Durian

Durian adalah buah yang kaya nutrisi yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Ini adalah sumber vitamin C yang baik, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi terhadap infeksi. Durian juga tinggi serat, yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mencegah sembelit. Selain itu, durian mengandung beberapa mineral, termasuk kalium, magnesium, dan zat besi, yang penting untuk menjaga tekanan darah, kepadatan tulang, dan produksi sel darah merah yang sehat.

Penggunaan Kuliner Durian

Durian adalah buah yang serbaguna yang dapat digunakan dalam berbagai hidangan. Di Asia Tenggara, durian sering dimakan segar atau digunakan dalam makanan penutup, seperti es krim, kue, dan permen. Durian juga dapat dimasak dan digunakan dalam hidangan gurih, seperti kari dan semur. Selain itu, biji durian dapat dipanggang dan dimakan sebagai camilan, atau digiling menjadi tepung dan digunakan dalam pembuatan roti.

Baca Juga  Blueberry: Simak 8 Keajaiban Buah Biru Penuh Nutrisi Ini

Durian adalah buah yang unik dan lezat yang memiliki sejarah yang kaya dan banyak manfaat kesehatan. Meskipun baunya yang kuat, durian adalah buah yang dicintai di banyak negara, dan sering digunakan dalam pengobatan dan masakan tradisional. Baik Anda penggemar durian atau belum pernah mencobanya sebelumnya, buah ini pasti layak untuk dijelajahi.

banner 325x300