Lifestyle

Udah Siang Jadi Lemes? Cobain 10 Menu Makan Siang Penyemangatmu di Kantor

268
×

Udah Siang Jadi Lemes? Cobain 10 Menu Makan Siang Penyemangatmu di Kantor

Share this article
roti gandum
Ilustrasi roti gandum/Photo by solod_sha: https://www.pexels.com/photo/sliced-fruits-on-wheat-bread-8104582/

G24NEWS.TV, JAKARTA – Siapa yang kalo jam makan siang di kantor udah lemes aja sambil ngebul di depan laptop, tenggak kopi instan? Ngomong-ngomong soal makan siang, penting banget nih buat kita, terutama para pekerja kantoran yang kebanyakan duduk seharian. Biar tetap produktif dan sehat, yuk kita bahas menu makan siang sehat yang bisa bikin kita tetap bertenaga dan semangat! Jadi, gak cuma produktif di kantor, tapi juga jadi lebih fresh dan bahagia. Let’s go!

  1. Nasi Merah atau Quinoa, Sumber Karbohidrat Sehat

Nasi putih udah jadi menu makanan standar, tapi kalau mau lebih sehat, cobain deh nasi merah atau quinoa sebagai sumber karbohidrat. Nasi merah kaya serat dan nutrisi, sementara quinoa punya kandungan protein tinggi. Jadi, kita bisa tetap energik dan kenyang lebih lama. Sajikan dengan lauk pauk seperti tumis sayuran atau ikan, dan jangan lupa tambahkan potongan buah-buahan segar sebagai penutup!

  1. Roti Gandum Utuh, Enak dan Kaya Serat

Kalau gak suka nasi, bisa juga makan roti gandum utuh sebagai pengganti. Roti ini lebih sehat karena masih punya lapisan kulit biji gandum yang kaya serat. Selain itu, roti gandum juga lebih rendah gula darah dibandingkan roti putih biasa. Bisa bikin sandwich sehat dengan isian sayuran, potongan daging rendah lemak, dan saus rendah kalori. Mantap!

  1. Pasta Gandum dengan Saus Tomat, Lezat dan Bergizi

Bagi penggemar pasta, jangan khawatir! Kamu tetap bisa menikmati pasta gandum yang lezat dan bergizi. Pasta gandum ini punya lebih banyak serat daripada pasta biasa, jadi lebih sehat untuk pencernaan kita. Sajikan dengan saus tomat dan tambahan sayuran seperti brokoli atau bayam, serta potongan daging ayam atau ikan untuk nutrisi yang seimbang.

  1. Sayur-sayuran Segar, Asupan Vitamin dan Serat

Kita mulai dari yang paling penting, sayur-sayuran segar! Makanan yang mengandung vitamin dan serat tinggi ini penting banget buat menjaga kesehatan tubuh kita. Cobain deh, bikin salad yang segar dengan campuran berbagai sayuran, seperti selada, tomat, mentimun, dan wortel. Bisa ditambahkan potongan daging ayam rebus atau ikan panggang untuk tambahan protein. Jangan lupa saus dressing rendah lemak, ya!

  1. Sup Sayuran, Hangat dan Mengenyangkan

Di hari-hari yang dingin, sup sayuran jadi pilihan makan siang yang cocok banget! Sup ini gak cuma hangat, tapi juga kaya nutrisi. Cobain variasi sup sayuran dengan campuran brokoli, kacang polong, wortel, dan jagung. Jangan lupa tambahkan potongan daging ayam atau tahu untuk tambahan protein. Plus, rasanya yang lezat bikin hati senang!

  1. Wrap Sayuran, Praktis dan Gurih

Ketika waktu makan siang terbatas, wrap sayuran bisa jadi pilihan praktis dan gurih. Bisa pakai tortilla gandum sebagai alasnya dan isikan dengan berbagai sayuran segar, potongan daging rendah lemak, dan saus kesukaan. Tinggal gulung dan makan, gak ribet kan?

  1. Smoothie Sehat, Nikmat dan Praktis

Kalau lagi gak mood makan berat, smoothie sehat bisa jadi pilihan alternatif. Bahan-bahannya gampang dicari dan proses pembuatannya juga cepat. Coba deh buat smoothie dengan campuran buah-buahan segar, yogurt rendah lemak, dan sedikit es batu. Smoothie ini bisa jadi sumber vitamin dan energi di tengah hari yang padat aktivitas. Jangan lupa tambahkan sedikit biji chia atau biji rami untuk tambahan serat!

  1. Salad Buah, Segar dan Manis

Kalau kamu suka yang manis-manis, gak usah khawatir! Buah-buahan segar bisa jadi pilihan sehat dan manis untuk makan siang. Coba deh bikin salad buah dengan campuran berbagai buah kesukaanmu, seperti jeruk, anggur, apel, dan semangka. Bisa ditambahkan yogurt rendah lemak dan madu sebagai pemanis alami. Selain enak, menu ini juga menyegarkan!

  1. Telur Rebus, Kaya Protein dan Mudah Dibuat

Telur rebus memang gampang dibuat dan kaya protein. Dengan mengonsumsi telur rebus, kita bisa mendapatkan asupan protein yang penting untuk memperbaiki jaringan tubuh dan menjaga kesehatan otot. Bisa disantap langsung atau diolah menjadi salad telur untuk variasi rasa.

  1. Sushi Roll, Lezat dan Kreatif

Makan siang gak harus selalu nasi, kan? Cobain deh sushi roll yang lezat dan kreatif! Kita bisa buat sushi roll sehat dengan isian sayuran segar dan potongan ikan mentah yang berkualitas. Selain lezat, menu ini juga memberikan asupan nutrisi yang baik untuk tubuh kita.

Baca Juga  Jakarta dan 10 Tempat Kuliner Uniknya, Kamu Udah Ke Mana Nih?

Nah, itu dia beberapa menu makan siang sehat yang bisa bikin kita tetap produktif dan semangat di tempat kerja. Dengan makanan yang sehat dan bergizi, kita bisa menjaga kesehatan tubuh dan otak kita, serta menghadapi tugas-tugas dengan lebih baik. Jangan lupa, untuk tetap minum air putih yang cukup dan hindari makanan yang terlalu banyak gula atau lemak jahat. Yuk, mulai hidup sehat dan berenergi dengan menu makan siang yang bikin kita semakin hebat!

banner 325x300