Lifestyle

Be A Smart Traveler! 6 Tips Traveling Efisien!

203
×

Be A Smart Traveler! 6 Tips Traveling Efisien!

Share this article
Ilustrasi Liburan Seru/Photo by Gabriela Palai: https://www.pexels.com/photo/person-wearing-black-jacket-standing-on-green-grass-field-near-lake-590029/
Liburan Seru

G24NEWS.TV, JAKARTA –  Kita ingin liburan yang tenang, santai, dan happy. Namun, perencanaan liburan kadang-kadang bisa jadi rumit dan bikin bingung. Nih, ada tips gimana rencana liburan kamu lebih efisien dan menyenangkan. Yuk simak!

  1. Tentukan Tujuan Liburan

Pastinya yang harus kamu ketahui adalah tujuan atau destinasi wisata. Apakah mau liburan ke kota besar, pantai, atau gunung? Menentukan tujuan dari awal akan sangat mempermudah saat kamu mau memesan transportas, akomodasi, dan aktivitas yang mau dilakukan.

  1. Gali Informasi Destinasi

Sebelum berangkat, penting untuk mencari informasi tentang destinasi yang akan dikunjungi. Carilah apa saja atraksinya, kuliner khasnya, atau kegiatan lain yang bisa dilakukan di sana. Kamu bisa banget bertanya kepada teman yang pernah mengunjungi destinasi tersebut. Dengan tahu informasi seperti itu, kamu bisa mengetahui apa alat yang harus dibawa dan uang yang mau disiapkan.

  1. Budgeting

Penting juga nih untuk menentukan dan tahu budget liburan kamu. Pastinya kamu paham, dengan punya budget yang jelas, kamu bisa memilih destinasi, transportasi, dan akomodasi yang sesuai dengan kondisi keuangan. Jangan lupa pikirkan juga dana untuk makan, hiburan, dan pengeluaran yang tak terduga selama liburan. Dengan begini, kamu bisa mengatur pengeluaran dan liburan gak jadi merugikan!

  1. Buat Rencana Itenerary

Setelah mengetahui informasi tentang destinasi, buatlah rencana itinerary. Hmm, kedengarannya sulit ya? Gak kok, guys! Kamu bisa buat jadwal liburan dengan memberi waktu luang yang cukup. Jangan membuat jadwal harian yang terlalu padat sampai-sampai kamu jadi kewalahan karena gak sempet mengunjungi semuanya, lalu merasa kecewa. Buatlah rencana yang realistis dan fleksibel untuk liburan kamu nanti!

  1. Akomodasi dan Transportasi

Pertimbangkanlah lokasi, fasilitas, dan harga saat memilih akomodasi. Mungkin bisa berhemat dengan memilih guest house. Tapi kalau mau yang nyaman dan mewah, pilihlah hotel. Penting juga untuk memerhatikan rating yang sudah ada. Begitu juga dengan transportasi. Apakah mau naik pesawat, kereta, atau bus? Jangan lupa membandingkan harga dan promo yang ada! Liburan akan jauh lebih efisien kalau kamu udah tahu apa hotel dan transportasi yang mau kamu naikin!

  1. Buat Daftar Barang yang Dibutuhkan

Buat kamu yang pelupa, mungkin bisa buat daftar apa aja barang yang dibutuhkan. Pastikan untuk membawa pakaian yang cukup dengan cuaca yang sesuai. Jangan lupa bawa obat pribadi dan juga perlengkapan mandi. Jangan sampai liburan jadi terhambat karena hal-hal kecil seperti ini.

  1. Nikmati Setiap Momen

Terakhir, yang paling penting adalah menikmati setiap momen selama liburan. Jangan terlalu fokus pada rencana yang telah dibuat sampai lupa menikmati liburan itu sendiri. Coba cari kuliner khas, ngobrol dengan penduduk lokal, dan bersenang-senanglah! Liburan bisa membawa kamu kepada hal-hal baru yang tak terlupakan, jadi nikmatilah!

Baca Juga  Eksplorasi Unik: Lokasi Travelling yang Hanya Ada Satu di Dunia

Itulah 7 tips seru biar liburan kamu efisien dan gak bikin ribet. Semoga kamu bisa menikmati  liburanmu, ya! Selamat berpetualan!

banner 325x300