Politik

Mahasiswa Bisa Jadi Agen Perubahan Melalui Pemilu

153
×

Mahasiswa Bisa Jadi Agen Perubahan Melalui Pemilu

Share this article

G24NEWS.TV, JAKARTA – Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Herwyn JH Malonda mengatakan mahasiswa dapat berperan sebagai agen perubahan melalui Pemilihan Umum (Pemilu).

menyerukan untuk mahasiswa agar dapat terus menjadi agent of change (agen perubahan) salah satunya lewat Pemilu 2024 mendatang.

Dia melihat salah satu caranya dengan ikut memantau dan mengawasi pelanggaran di lingkungan sekitar.

Menurutnya jiwa muda yang sedang aktif-aktifnya perlu disalurkan ke arah yang positif salah satunya ikut mewujudkan Pemilu yang bersih.

Herwyn mengingatkan pelanggaran bisa terjadi bukan sekedar karena ada niat tapi juga kesempatan.

Baca Juga  Bawaslu-Komnas HAM Kerja Sama Lindungi Hak Politik Kelompok Rentan

“Kami berharap mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat bisa melakukan pemantauan dan pengawasan proses pemilu secara aktif dan partisipatif,” jelas Herwyn dalam Dialog Pesta Demokrasi di Universitas Udayana, Bali, akhir pekan lalu, seperti dilansir dari keterangan resmi Bawaslu, Senin (30/10/2023).

Partisipasi Masyarakat

Herwyn menerangkan bentuk partisipasi masyarakat adalah tidak melakukan keberpihakan yang menguntungkan atau merugikan peserta pemilu.

Selain itu, jelasnya, tidak mengganggu atau merugikan peserta pemilu, bertujuan meningkatkan partisipasi politik masyarakat luas dan mendorong terwujudnya suasana yang kondusif bagi penyelenggaraan pemilu yang aman, damai, tertib, dan lancar.

Baca Juga  Survei LSN: Elektabilitas Prabowo-Gibran Konsisten Teratas

“Ini tujuan utama kita memperjuangkan kepentingan masyarakat. Kita pastikan hak suara setiap warga negara itu dihormati,” ujarnya.

Mahasiswa, jelas Herwyn, dapat memastikan beberapa hal saat Pemilu seperti jangan sampai yang terpilih itu direkayasa atau ada proses pembelian suara.

Dia meminta mahasiswa mahasiswa memastikan Pemilu ini adalah kepentingan masyarakat bukan kepentingan pihak tertentu.

“Kesederhanaan partisipasi pemilu yaitu mencegah tindakan kecurangan pemilu. Kita cegah tindakan kecurangan pemilu. Itu sih tujuan mahasiswa dalam pemilu,” tutur Kordiv SDM dan Organisasi Bawaslu tersebut.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

banner 325x300