DaerahEkonomi

Kota Cirebon, Siap Jadi Pusat Perekonomian Baru di Jawa Barat

261
×

Kota Cirebon, Siap Jadi Pusat Perekonomian Baru di Jawa Barat

Share this article
Ilustrasi warga Kota Cirebon (Foto by: Pemda Kota Cirebon)
Ilustrasi warga Kota Cirebon

G24NEWS.TV, JAKARTA — Kota Cirebon bersiap menjadi pusat perekonomian baru di Jawa Barat mengingat aksesbilitas daerah ini telah tersambung pasca dibukanya Tol Cisumdawu.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun meminta jajaran Pemkot Cirebon bersiap menyambut wisatawan baru.

“Kami meyakini setelah Tol Cisumdawu dibuka semakin banyak wisatawan yang mengunjungi Kota Cirebon untuk berwisata kuliner, belanja batik, dan lainnya,” kata Ridwan Kamil, Rabu (19/7).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto by: Pemda <yoastmark class=

Ridwan Kamil menuturkan kondisi akses ke Kota Cirebon sudah sangat baik. Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa warga Bandung hanya perlu menempuh 1,5 jam perjalanan untuk menuju ke Kota Cirebon menggunakan Tol Cisumdawu.

Baca Juga  Bukan Ridwan Kamil, Ahmad Doli Kurnia: Golkar Usulkan Airlangga Hartarto Jadi Cawapres Untuk Prabowo

Pemangku Kepentingan Kota Cirebon Perlu Menyambut Kedatangan Wisatawan

Gubernur Jawa Barat itu meminta pemangku kepentingan di Kota Cirebon dan daerah sekitar harus merespon sesegera mungkin. Pemangku kepentingan dapat merespon dengan mengeluarkan kebijakan untuk menyambut wisatawan.

Menurutnya, hal itu dilakukan agar wisatawan semakin nyaman untuk berkunjung ke Kota Cirebon. Tak hanya itu, harapannya dapat mendongkrak perkembangan sektor perekonomian di wilayah tersebut.

Kota Cirebon, Jawa Barat
Potret Kota Cirebon, Jawa Barat

“Buktinya sudah terlihat karena pertumbuhan ekonomi di Kota Cirebon yang mencapai 5,4 persen menjadi daerah yang pertumbuhan ekonominya tertinggi se-Jawa dan Bali,” ujarnya.

Baca Juga  Ridwan Kamil: Pesantren Akan Jadi Program Utama Prabowo-Gibran

Ridwan Kamil juga meyakini Kota Cirebon bakal menjadi pusat perekonomian baru di Jawa Barat.Hal ini, jelasnya, tidak lepas dari adanya jalan tol.

 

Ruas Tol Cisumdawu Jawa Barat (Foto by: Kementerian PUPR)
Ruas Tol Cisumdawu Jawa Barat (Foto by: Kementerian PUPR)

Pasca tol Cipali diresmikan, jarak tempuh ke Kota Cirebon dari Kota Bandung membutuhkan waktu selama kira-kira tiga jam. Sebelum adanya tol, waktu tempuh bisa mencapai enam jam.

Harapannya, Kota Cirebon menjadi pusat perekonomian baru di Jawa Barat.

banner 325x300