Nasional

Kemendikbudristek Buka Lagi Pendaftaran Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan

148
×

Kemendikbudristek Buka Lagi Pendaftaran Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan

Share this article
Ilustrasi guru. Foto: Ist
Ilustrasi guru. Foto: Ist

G24NEWS.TV, JAKARTA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali membuka pendaftaran program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan.

Kegiatan ini digelar oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk mengakselerasi pemenuhan kebutuhan guru pada beberapa bidang studi jenjang sekolah dasar dan menengah.

Untuk gelombang 3 tahun 2023, pendaftaran dimulai tanggal 25 Oktober sampai 12 November 2023.

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Pendidikan Profesi Guru, Adhika Ganendra, mengatakan bahwa tujuan PPG Prajabatan adalah menciptakan keseimbangan antara kebutuhan dan pemenuhan guru secara kuantitas dan kualitas sehingga layanan pendidikan dapat berjalan baik, demi terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.

Isi Kekosongan Guru

Dia menjelaskan angka kekosongan guru tahun 2023 masih sangat banyak, tercatat masih sekitar 54ribu kekosongan formasi yang telah dibuka oleh pemerintah daerah pada rekrutmen ASN P3K Tahun 2023.

Baca Juga  Selamat! DKI Jakarta Juara Umum Olimpiade Olahraga Siswa Nasional 2023

Ditambah lagi dengan adanya angka pensiun Tahun 2024 sebanyak 69.735.

“Sehingga kami membuka pendaftaran program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Gelombang 3 tahun 2023,” tutur Adhika, di Jakarta, dalam keterangan Kemendikbutristekdikti, dikutip Sabtu (28/10/2023).

Adhika menuturkan pada pendaftaran gelombang ketiga ini, Kemendikbudristek memperluas linieritas pada prodi PPG Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan tetap mempertimbangkan keterkaitan keilmuan yang ada.

“Hal ini diputuskan karena mempertimbangkan kekosongan guru terbesar (12%) terjadi pada jenjang Sekolah Dasar (SD),” sambungnya.

PPG Prajabatan adalah program pendidikan profesi untuk mencetak generasi baru guru Indonesia yang ingin menjadi guru profesional, berkomitmen menjadi teladan, mencintai profesi guru, dan mau belajar sepanjang hayat.

Baca Juga  Peserta Pemilu Boleh Kampanye di Kampus, Apa Saja Syaratnya?

Program ini ditujukan untuk lulusan sarjana, sarjana terapan, maupun Diploma IV, baik dari jurusan pendidikan maupun nonkependidikan, agar calon guru mendapat sertifikat pendidik.

Bidang studi PPG Prajabatan Gelombang 3 Tahun 2023 telah disesuaikan dengan data kebutuhan guru.

Yaitu PGSD, Bahasa Indonesia, Matematika, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn), Sejarah, Seni Budaya, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Luar Biasa, dan Informatika.

Informasi lebih lengkap terkait pendaftaran PPG Prajabatan dapat diakses peserta seleksi melalui laman https://ppg.kemdikbud.go.id/.

Email: Nyomanadikusuma@G24 News

Editor: Lala Lala

banner 325x300