Nasional

Ini Cara Daftar Beasiswa LPDP, Buruan Masih Buka Nih

279
×

Ini Cara Daftar Beasiswa LPDP, Buruan Masih Buka Nih

Share this article
Ilustrasi mahasiswa penerima program beasiswa LPDP
Ilustrasi mahasiswa penerima program beasiswa LPDP

G24NEWS.TV, JAKARTA – Pemerintah terus membuka program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di Indonesia, berikut cara daftar beasiswa tersebut.

Ini adalah beasiswa yang ditujukan bagi calon mahasiswa dengan potensi akademik tinggi dan berdedikasi  meningkatkan kualitas diri serta berperan dalam pembangunan bangsa. Untuk diketahui, beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, serta biaya penelitian bagi mahasiswa yang sedang menempuh program S2 dan S3. Lokasi kampus bisa di dalam negeri maupun luar negeri.

Persyaratan mendapatkan beasiswa LPDP meliputi lulusan S1 atau profesional dengan minimal 2 tahun pengalaman kerja, memiliki nilai TOEFL/IELTS yang memadai, serta melalui proses seleksi yang cukup ketat.

Selain itu, penerima beasiswa LPDP diharapkan untuk memiliki prestasi akademik yang baik, memiliki dedikasi yang tinggi dalam bidang yang dipilih, serta mampu berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.

Baca Juga  BAZNAS Luncurkan Beasiswa Khusus Disabilitas, Daerah 3T dan Komunitas Adat

Mendapatkan beasiswa LPDP memang cukup prestisius dan kompetitif, namun manfaat yang didapatkan juga sangat besar, baik bagi penerima beasiswa maupun bagi bangsa Indonesia. Diharapkan, dengan adanya beasiswa ini, dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan menghasilkan generasi muda yang berpotensi dan berdedikasi untuk memajukan bangsa.

Pendaftaran untuk periode 2023 tahap 1 sudah di buka semenjak 25 Januari hingga 25 Februari 2023. Seleksi administrasi akan dimulai sejak 27 Februari dan pengumuman seleksi diumumkan pada tanggal 14 Maret mendatang.

Selanjutnya calon peserta masih mengikuti seleksi lainnya hingga pengumuman hasil seleksi final yang dilakukan pada tanggal 8 Juni 2023 mendatang. Pendaftaran LPDP tahap 2 dibuka dari tanggal 9 Juni hingga 9 Juli 2023, kemudian ditutup pada 7 November 2023 dengan  hasil seleksi final

Baca Juga  Informasi Terbaru KIP Kuliah 2023, Calon Mahasiswa Baru Simak ya

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar beasiswa LPDP:

  1. Kunjungi situs resmi LPDP di lpdp.kemenkeu.go.id
  2. Buat akun LPDP dan lengkapi data pribadi pada halaman registrasi.
  3. Isi formulir aplikasi beasiswa LPDP, lampirkan dokumen pendukung seperti Ijazah, transkrip nilai, sertifikat bahasa Inggris (TOEFL/IELTS), rencana studi, dan surat rekomendasi dari universitas atau pejabat publik.
  4. Pilih jenis beasiswa yang ingin didapatkan sesuai dengan kriteria dan tujuan studi.
  5. Ikuti tahap-tahap seleksi yang meliputi seleksi administrasi, seleksi dokumentasi, wawancara, dan tes kesehatan.
  6. Jika dinyatakan lolos seleksi, akan diberikan tawaran beasiswa dan persyaratan yang harus dipenuhi sebelum memulai studi.

Pastikan Anda memperhatikan setiap persyaratan dan tahapan dalam mendaftar beasiswa LPDP agar memperoleh kesempatan yang lebih besar untuk berhasil.

banner 325x300