Nasional

Informasi Terbaru KIP Kuliah 2023, Calon Mahasiswa Baru Simak ya

532
×

Informasi Terbaru KIP Kuliah 2023, Calon Mahasiswa Baru Simak ya

Share this article
Logo Kartu Indonesia Pintar
Logo Kartu Indonesia Pintar

G24NEWS.TV-JAKARTA. Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah 2023 adalah bantuan dana pendidikan yang diberikan kepada lulusan SMA yang memiliki potensi akademik baik tetapi mengalami permasalahan biaya untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Adanya beasiswa fokus untuk memberikan dukungan dana kepada siswa yang berprestasi. Beda halnya dengan KIP Kuliah yang memberi bantuan dana pendidikan kepada siswa kurang mampu dari segi ekonomi.

Dengan adanya program ini penerima KIP Kuliah tetap melewati tahap seleksi dengan syarat prestasi agar lebih tepat sasarannya. Seleksi ini pun sangat penting terutama bagi calon penerima yang benar-benar punya potensi dan keinginan serius ingin melanjutkan dan menyelesaikan pendidikannya.

Adanya, KIP Kuliah 2023 ini pun bisa digunakan untuk perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Berapa lama KIP Kuliah diberikan
Berapa lama KIP Kuliah diberikan

KIP Kuliah Bisa Digunakan dengan Daftar SNBT 2023

Selain mendapat dana pendukung pendidikan, KIP Kuliah 2023 juga bisa digunakan untuk mendaftar Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Pelaksana Eksekutif SNPMB Prof Budi P Widyobroto.

“Pada Tahun ini KIP kuliah 2023 bisa dimanfaatkan untuk pendaftaran dan dikhususkan bebas biaya atau gratis untuk mendaftar SNBT saja,” ujarnya melalui Channel YouTube UNY Official.

Ketetapan Baru KIP Kuliah 2023

Peserta yang mendaftar KIP Kuliah 2023 hanya akan terbebas dari biaya untuk mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Peserta yang bersangkutan pun belum tentu akan memperoleh beasiswa apabila tidak sesuai ketentuan yang berlaku.

Meski begitu, Prof Budi menuturkan bahwa penerima KIP Kuliah 2023 memiliki kemungkinan untuk melamar beasiswa. Sebaliknya, apabila tidak mendaftar maka kemungkinan besar tidak dapat mengajukan KIP Kuliah.

“Minimal peserta sudah terdaftar KIP kuliah 2023 dulu, agar nanti saat punya keinginan melamar beasiswa akan lebih mudah prosesnya” jelasnya.

Baca Juga  Ini 25 Program Beasiswa ke Luar Negeri yang Sedang Buka Pendaftaran

Kisaran Dana Bantuan yang Diterima oleh Peserta KIP Kuliah 2023

Sampai saat ini dana pendidikan KIP Kuliah 2023 belum resmi ditetapkan oleh pemerintah. Akan tetapi jika mengacu pada tahun sebelumnya KIP Kuliah 2023 mencakupi biaya kuliah dan tunjangan hidup. Berikut rincian biaya kuliah yang didasari dari akreditasi program studi penerima KIP Kuliah tersebut.

  • Prodi Akreditasi A maksimal Rp 12 juta
  • Prodi Akreditasi B maksimal Rp 4 juta
  • Prodi Akreditasi C maksimal Rp 2,4 juta

Kemudian, untuk biaya hidup yang lain dipecah ke dalam 5 kelompok sesuai dengan hasil survei besaran biaya hidup dikota atau kabupaten dan survei sosial ekonomi nasional oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Untuk sobat G24, bisa dilihat rincian dana di bawah ini :

  1. Rp 800 ribu/bulan
  2. Rp 950 ribu/bulan
  3. Rp 1.1 juta/bulan
  4. Rp 1.25 juta/bulan
  5. Rp 1.4 juta/bulan

Persyaratan Daftar KIP Kuliah 2023

Hingga saat ini, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) belum mengeluarkan informasi resmi terkait KIP Kuliah 2023. Berikut Beberapa persyaratan yang bisa kalian jadikan landasan, dimuat dari Buku Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah Tahun 2022.

  1. Pendaftar KIP Kuliah 2023 merupakan siswa SMA sederajat yang lulus atau segera lulus pada tahun berjalan atau bahkan telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya.
  2. Memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.
  3. Memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.
  4. Siswa yang mempunyai Kartu KIP harus memiliki Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.
  5. Telah resmi dinyatakan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru dan diterima di PTN atau PTS pada prodi dengan Akreditasi A atau B. Dimungkinkan juga untuk prodi dengan Akreditasi C tetapi dengan pertimbangan syarat tertentu.

Dokumen yang Diajukan dalam Proses Mendaftar KIP Kuliah 2023

Peserta KIP Kuliah 2023 bisa mulai mencicil dokumen-dokumen pribadi yang diperlukan pada saat mendaftar. Apa saja itu? Berikut detailnya.

  1. Alamat email pribadi untuk membuat akun KIP Kuliah, diwajibkan akun Gmail
  2. Jika sudah terdaftar akun KIP Kuliah tahun lalu, gunakanlah email sebelumnya
  3. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  4. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
  5. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  6. 6 Data pendukung keadaan ekonomi pendaftar dari kelurahan yang menyatakan keterbatasan ekonomi, contoh Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)
  7. Foto rumah untuk divalidasi oleh perguruan tinggi
  8. Data aset seperti barang berharga, emas, mobil atau motor, dan lain-lainnya
  9. Kartu KIP, Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), atau Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.
Baca Juga  Ini Daftar Beasiswa bagi Mahasiswa yang Buka di Bulan Juli 2023

Apa Itu DTKS untuk KIP Kuliah?

DTKS adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang mengaacu pada data yang digunakan untuk penerima KIP Kuliah, Kartu Jakarta Pintar (KJP), Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU), dan dana bantuan pemerintah lainnya.

Kapan Pendaftaran KIP Kuliah 2023 Dibuka?

Kemendikbudristek belum mengeluarkan informasi secara resmi terkait pendaftaran KIP Kuliah 2023. Akan tetapi pada umumnya pendaftaran dibuka menjelang masa seleksi masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Sebelum pendaftaran KIP Kuliah 2023 dibuka, terdapat sejumlah dokumen yang harus dipersiapkan terlebih dahulu. Mengacu pada sebelumnya KIP Kuliah Merdeka 2022, calon mahasiswa disarankan terlebih dahulu membuat akun KIP Kuliah di situs resminya.

Setelah berhasil mengaktivasi akun, calon mahasiswa baru bisa mulai mendaftar KIP Kuliah pada pilihan jalur-jalur masuk kampus yang tersedia pada portal KIP Kuliah. Selanjutnya calon mahasiswa bisa mendaftar jalur masuk PTN atau PTS yang peserta inginkan.

Nah, seperti itulah informasi terkait tentang KIP Kuliah 2023. Semoga bermanfaat ya untuk kalian semua.

banner 325x300